Tahun Ini, Perpustakaan Fakultas UIN Imam Bonjol Dijatah Dana Rp100 Juta untuk Buku

"Dana tersebut baru dikucurkan tahun ini"
Ilustrasi gedung perpustakaan UIN Imam Bonjol Padang (KLIKPOSITIF/Widy Oktavia)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Perpustakaan lingkup fakultas di Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang mendapatkan dana sebesar Rp100 juta pertahun untuk memenuhi kelengkapan buku.

Hal itu diungkapkan oleh pimpinan perpustakaan UIN Imam Bonjol, Zulfitri. Ia mengatakan, dana tersebut baru dikucurkan tahun ini dari pihak universitas.

"Sebelum-sebelumnya tidak ada," katanya pada KLIKPOSITIF. Dana tersebut masuk dalam pagu anggaran penambahan buku di perpustakaan tingkat universitas.

"Jadi dengan adanya dana untuk fakultas tersebut, dana buku di perpustakaan universitas bertambah pula," sebut dia.

Zulfitri menjelaskan, tahun ini pihaknya mengajukan anggaran buku sebesar Rp1,2 miliar ke pihak universitas. Namun anggaran tersebut belum disetujui.

Baca Juga: Perpusatakaan UIN Imam Bonjol Masih Kekurangan Buku

Peningkatan anggaran yang diajukan cukup tinggi dibanding dana buku yang diberikan oleh pihak universitas untuk perpustakaan tahun lalu.

"Tahun lalu dan sebelum-sebelumnya, anggaran kami kisaran Rp500 hingga Rp600 juta, tahun lalu Rp800 juta dan itu belum masuk dana untuk perpustakaan fakultas," jelas Zulfitri.

Sementara itu Wakil Rektor II UIN Imam Bonjol, Firdaus mengatakan, anggaran buku untuk perpustakaan tersebut berasal dari Kantor Pembendaharaan Negara.

"Termasuk anggaran untuk perpustakaan. Setelah mendapatkan pengajuan dari perpustakaan, akan kami ajukan lagi ke KPPN," sebut Firdaus.

Lantas terkait pencairan dana buku tersebut, Firdaus mengaku pihaknya belum merangkum semua kebutuhan dana yang diajukan oleh lembaga kampus.

"Kami belum merangkum kebutuhan dana secara keseluruhan, setelah itu baru bisa dana diajukan ke KPPN," pungkasnya kemudian.

[Widy Oktavia]