Pameran Khazanah Pengetahuan Minangkabau dalam Manuskrip dan Karya Intelektual Dimulai Hari Ini

"Materi yang akan dipamerkan meliputi foto-foto manuskrip, ekologi manuskrip, sampul buku karya penulis dan sastrawan Sumatera Barat, naskah kuno"
Salah satu karya yang ditampilkan dalam pameran Khazanah Pengetahuan Minangkabau dalam Manuskrip dan Karya Intelektual (ist)

PADANG,KLIKPOSITIF-Program Indonesiana 2018 yang di Sumatera Barat dibalut dengan nama Silek Arts Festival mengadakan pameran bertajuk Khazanah Pengetahuan Minangkabau dalam Manuskrip dan Karya Intelektual. Pameran ini diadakan bekerja sama dengan Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Andalas. Lokasi pelaksanaannya di Lantai 3 Perpustakaan Universitas Andalas, yang dikelola oleh Minangkabau Corner.

Kurator Silek Arts Festival yang tergabung dalam platform Indonesiana Kemdikbud Koko Sudarmoko mengatakan khazanah pengetahuan yang dihasilkan oleh para ulama, penulis, sastrawan, jurnalis, dan intelektual dari Minangkabau merupakan satu kekayaan yang harus diperhatikan. Mereka telah menuliskan pemikiran yang berkaitan dengan adat, budaya, agama, hukum, teknologi, pendidikan, dan bidang-bidang lainnya.

"Berangkat dari pemikiran mengenai kekayaan karya intelektual para penulis tersebut, pameran ini digelar," ujar Koko.

Koko menjelaskan pameran ini sendiri merupakan salah satu mata program dari belasan jenis program yang diadakan di delapan kabupaten dan kota di Sumatera Barat dalam skema festival Silek.  Kegiatan berlangsung 1-5 Oktober. Materi yang akan dipamerkan meliputi foto-foto manuskrip, ekologi manuskrip, sampul buku karya penulis dan sastrawan Sumatera Barat, naskah kuno yang dikoleksi oleh beberapa lembaga dan perorangan (Studio Flash, labor filologi, perpustakaan daerah) koleksi karya-karya para penulis dan pengarang Sumatera Barat (koleksi alm. Yusriwal, Ruang Kerja Budaya, Syarifudin Arifin), sejumlah barang yang berkaitan dengan proses kreatif AA Navis, kaset-kaset lagu dan ceramah budaya koleksi Minangkabau Corner, dan beberapa benda lainnya.

Kegiatan ini akan dibuka hari ini Senin, 1 Oktober 2018, pukul 14.30 WIB. Pada pembukaan ini akan dilaksanakan diskusi terbuka dan informal. Selanjutnya juga akan diadakan kegiatan workshop dan pengenalan dunia naskah dan kekayaan intelektual Minangkabau, ... Baca halaman selanjutnya