Tak Hanya Cina, Eksportir Manggis Asal Limapuluh Kota Juga Dilirik Arab Saudi

"PT Bumi Alam Sumatera baru mengekspor manggis ke Cina, yaitu Guangzhou dan Beijing"
Ilustrasi (Net)

LIMAPULUH KOTA, KLIKPOSITIF -- Sebagai salah satu perusahaan Anak Nagari yang sukses melakukan ekspor manggis langsung dari Indonesia menuju Cina, Direktur Utama PT Bumi Alam Sumatera,  Anggri Purnama Agung mengungkapkan kalau pihaknya juga sudah mendapat penawaran untuk mengekspor manggis ke negara lain, seperti Arab Saudi.

Sampai sejauh ini PT Bumi Alam Sumatera baru mengekspor manggis ke Cina, yaitu Guangzhou dan Beijing.

"Untuk tahap pertama ini kami mendapat kontrak untuk mengirimkan 10 ribu ton dulu ke dua daerah di Cina itu," katanya kepada wartawan usai launching ekspor manggis ke Cina yang dihadiri langsung oleh Menteri Pertanian Republik Indonesia Andi Amran Sulaeman, Selasa 2 September 2018.

Dikatakannya, untuk ekspor ke Cina sendiri, pihaknya baru melakukan ekspor sebanyak empat kali.

"Sampai sejauh ini yang sudah dikirim baru empat kali pengiriman, sekitar 13 ton. Untuk 10 ribu ton itu akan tuntas Juni 2019," katanya.

"Kami fokus dulu menuntaskan yang 10 ribu ton ini. Nanti apabila tuntas kerja sama ini akan kembali berlanjut," sambungnya.

Sementara itu, Direktur Kerjasama Antar Lembaga PT Bumi Alam Sumatera, Muhammad Bayu Vesky menerangkan, untuk pemenuhan kebutuhan manggis, pihaknya mendatangkan manggis dari seluruh Sumbar dan juga daerah tetangga lain.

"Dari Sumbar cukup banyak ketersedian manggis. Tapi juga ada yang dari provinsi tetangga," katanya.

Dia juga berharap Mentan bisa terus melakukan pembinaan terhadap perusahaannya, sehingga bisa terus bersaing di pasar internasional.

"Mudah-mudahan bisa terus dibina oleh Mentan. Izin-izin bisa dipermudah juga. Tantangan kita ke depan adalah menjaga kualitas manggis itu sendiri," urainya.

[Taufik Hidayat Kampai]