Penjara Lama Bukittinggi Diusulkan Jadi Kawasan Wisata

"Rencana revitalisasi Penjara Lama bisa mencontoh Pabrik Gula Colomadu di Jawa Tengah"
Gedung Penjara Lama di Kota Bukittinggi (KLIKPOSITIF/Hatta Rizal)

BUKITTINGGI, KLIKPOSITIF -- Pemerintah Kota Bukittinggi mendapatkan usulan untuk mengubah gedung Penjara Lama menjadi objek wisata. Hal itu diusulkan oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Sumbar.

Kepala Tata Usaha dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Sumbar Teguh Hidayat rencana revitalisasi Penjara Lama bisa mencontoh Pabrik Gula Colomadu di Jawa Tengah.

Menurutnya setelah direvitalisasi menjadi kawasan wisata, Penjara Lama mampu jadi penopang untuk meningkatkan perekonomian.

"Pabrik ini sebelumnya juga telantar, tapi kemudian direvitalisasi dan menjadi andalan wisata, kita bisa mencontoh ini," katanya Rabu 3 Oktober 2018.

Ia mengatakan, langkah untuk merevitalisasi akan jauh lebih tepat ketimbang kondisi saat ini yang tak termanfaatkan.

"Banyak manfaatnya, ya sebaiknya tiru Pabrik Gula Colomadu. Untuk menopang wisata, Bukitttinggi butuh objek baru seperti Penjara Lama," ulasnya.

Senada, Tokoh Adat Kurai Yusrizal juga mendorong Pemerintah Bukittinggi untuk bisa lebih memperhatikan peninggalan sejarah seperti Penjara Lama.

"Jika ada keinginan, tentu bisa. Daripada bangunan itu telantar kan lebih baik dikelola, harusnya ya Pemko Bukittinggi memanfaatkan," ujarnya.

Penjara Lama dibangun zaman penjajahan Belanda, tak jelas kapan bangunan ini didirikan. Dulunya, penjara ini sempat digunakan sebagai tempat tahanan hingga tahun 1991 sebelum dipindahkan ke Biaro dan selanjutnya telantar.

Bangunan dengan luas sekitar 40 kali 60 meter ini, secara kasat mata masih tampak utuh kendati dinding atau atapnya sudah butuh perbaikan.

Pantauan KLIKPOSITIF, tak hanya Penjara Lama saja yang terbengkalai, beberapa objek kaya sejarah lainnya seperti Lubang Jepang Anak Aia, Lubang Jepang Kayu Ramang, Rumah Tua Parak Kopi yang sama sekali tak diperhatikan oleh Pemerintah.

Sementara, Kepala Seksi Cagar Budaya dan Peninggalan Sejarah dari Disdikbud Bukittinggi Beta Ayu ... Baca halaman selanjutnya