Tempuh Ratusan Kilometer, 500 Truk Bantuan Berangkat ke Palu Hari Ini

"penggalangan dana dilakukan sejak dua hari lalu berdasarkan instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dari hasil penggalangan sejumlah BUMN, BUMD dan swasta terkumpul dana hingga Rp 25 miliar."
Menteri Pertanian Amran Sulaiman melepas 500 truk pengangkut bantuan untuk korban gempa Palu. (Suara.com)

KLIKPOSITIF -- Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman melepas pemberangkatan 500 truk yang mengangkut bantuan bahan makanan untuk korban gempa Palu, Donggala dan sekitarnya di Sulawesi Tengah.

Pelepasan ratusan truk pengangkut bantuan itu dilakukan di Lapangan Hasanuddin, Jalan Jenderal Sudirman, Kota Makassar, Kamis (4/10/2018) pagi.

Bantuan logistik senilai Rp 25 miliar itu, dikirim melaluai jalur darat melalui Makassar, Mamuju, dan Palu, dengan estimasi jarak tempuh sekitar 868 km. Pengiriman 500 truk itu mendapat akan pengawalan ketat dari kepolisian hingga tiba di lokasi.

Amran menerangkan, penggalangan dana dilakukan sejak dua hari lalu berdasarkan instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dari hasil penggalangan sejumlah BUMN, BUMD dan swasta terkumpul dana hingga Rp 25 miliar.

"Alhamdulillah bantuan yang terkumpul sampai tadi pagi, bernilai Rp 25 miliar untuk Palu, Doggala dan Sigi. Lalu dikirim kurang lebih 500 truk berisi bahan makanan yang dikumpulkan sejak 3 hari lalu," kata Amran usai melepas pemberangkatan truk bantuan didampingi Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah.

Tidak hanya logistik, sebanyak 100 lebih relawan juga dikirim bersama iring-iringan truk. Mereka akan membantu penyaluran barang makanan tersebut selama tiga hari. Sebagai bentuk apresiasi kepada relawan, Mentan juga membekali mereka uang saku Rp 250 juta untuk semua relawan.

"Relawan tidak mengharap diberi, tapi kalau ada tidak ditolak, jadi saya kasih uang jajan di jalan Rp 250 juta," kata Amran.

Rencannya Mentan dan Gubernur Sulsel akan meninjau langsung penyaluran bahan makanan itu esok hari. (*)