Mengenal Apa itu Tide Gauge dan Buoy

"Mengingat Sumatera Barat yang rawan akan gempa dan juga tsunami yang bisa saja terjadi, tentu keberadaan alat semacam itu sangat diperlukan, lalu apa sebenarnya Tide Gauge dan Buoy tersebut"
Ilustrasi (KLIKPOSITIF)

KLIKPOSITIF -- Alat pendeteksi tsunami milik Badan Metereologi, Krimatologi dan Geofisika (BMKG) Sumatera Barat dipastikan berfungsi. Alat tersebut bernama Tide Guage.

Hal tersebut dijelaskan Stageof BMKG Sumbar, Mamuri pada Klikpositif beberapa hari lalu,

"Untuk alat pendeteksi tsunami yang kami miliki adalah Tide Guage yang diletakkan di laut dan saat ini alat tersebut masih berfungsi," ujar Stageof BMKG Sumbar, Mamuri.

"Untuk Buoy tidak ada di Sumbar, kami hanya memakai Tide Guage dan sampai saat ini keadaannya masih berfungsi," lanjutnya.

BACA JUGA: BPPT Siapkan Alat Deteksi Tsunami Berbasis Kabel Laut

Sementara itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar, Rumainur, menjekaskan "Dulu ada 1 unit milik Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). Tapi sempat diambil nelayan yg tidak mengerti fungsi alat tersebut. Kemudian sudah kembali diambil BPPT tapi kondisi terakhir saya gak tahu,".

Mengingat Sumatera Barat yang rawan akan gempa dan juga tsunami yang bisa saja terjadi, tentu keberadaan alat semacam itu sangat diperlukan, lalu apa sebenarnya Tide Gauge dan Buoy tersebut, berikut perjelasannya dilansir dari beberapa Sumbar.

1. Apa Itu Tide Gauge?

Dilansir dari laman pusatkrisis.kemkes.go.id, tide gauge adalah pendeteksi tsunami yang dipasang di perairan untuk mendeteksi adanya gelombang. Tide gauge bekerja dengan cara mengukur perubahan permukaan laut secara mekanis dan otomatis. Alat ini dapat mengukur pasang surut air laut yang memungkinkan untuk mendeteksi ... Baca halaman selanjutnya