Begini Cara Aparat Keamanan di Limapuluh Kota Peringati HUT TNI

"Perayaan ulang tahun ini melibatkan sejumlah aparat keamanan yang tidak hanya berasal dari TNI saja"
Salah satu kegiatan mengisi HUT TNI di Kabupaten Limapuluh Kota (KLIKPOSITIF/Taufik Hidayat Kampai)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF -- Tentara Nasional Indonesia (TNI) hari ini memperingati hari ulang tahunnya yang ke 73 tahun. Semua kelompok TNI merayakannya dengan berbagai kegiatan.

Di Kabupaten Limapuluh Kota, perayaan ulang tahun ini melibatkan sejumlah aparat keamanan yang tidak hanya berasal dari TNI saja, termasuk juga pihak kepolisian, Satpol PP dan pemadam kebakaran (Damkar ).

Ratusan prajurit aparat keamanan tersebut pada Jumat 5 Oktober 2018 pagi berramai-ramai mendatangi Aula Koramil 01/Payakakumbuh, di antaranya juga ada prajurit dari Kodim 0306/50 Kota.

Di aula tersebut, masing-masing dari aparat keamanan itu kemudian berbaring di sebuah tempat tidur dan berbincang dengan petugas kesehatan yang memegang alat pendeteksi kondisi darah.

Yang mereka lakukan di tempat itu adalah donor darah. Kegiatan itu merupakan salah satu dari serangkaian seremonial HUT TNI di kabupaten yang berbatasan langsung dengan Provinsi Riau tersebut.

Dandim 0306/50 Kota, Letkol Kav Solikhin mengatakan, kegiatan donor darah tersebut dilakukan agar TNI bisa lebih mendekatkan diri pada masyarakat.

"Kegiatan ini melibatkan sebanyak 285 orang yang terdiri dari prajurit TNI, Polri, instansi pemerintahan Payakumbuh, dan Kabupaten Limapuluh Kota," katanya pada KLIKPOSITIF.

Namun saat ditelusuri, ternyata peringatan HUT itu tidak hanya melibatkan unsur keamanan saja. Pihak Kodim juga turut mengajak komunitas ojek daring dan komunitas punk di Payakumbuh dan Limapuluh Kota dalam aksi donor.

"Selain jajaran, juga ikut komunitas Gojek, komunitas anak-anak punk yang selama ini jadi binaan kita. Banyak juga masyarakat yang antusias dan datang secara sukarela," papar Solikhin.

Untuk kegiatan kali ini, dia menyebut pihaknya bekerja sama dengan pihak Rumah Sakit Umum Dr Adnan WD Payakumbuh.

"Nantinya kantong darah yang didapat akan disumbangkan ke PMI Kota Payakumbuh. Mudah-mudahan kegiatan ini bisa ... Baca halaman selanjutnya