Berada di Zona Merah, Danrem 032 Wirabraja: Kita Perlu Mitigasi Bencana

"Kita berdoa saja tidak ada terjadi bencana"
Danrem 032 Wirabraja, Brigjen TNI Mirza Agus. (istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Mengingat posisi Markas Komando Resort Militer (Makorem) 032 Wirabraja berada di zona merah bencana tsunami, Danrem 032 Wirabraja, Brigjen TNI Mirza Agus menegaskan, sejauh ini tidak ada rencana pemindahan.

"Tidak ada, Insha Allah. Semua berada di ring fire dari Aceh sampai NTB itu zona merah ada ribuan itu. Kita berdoa saja tidak ada terjadi bencana. Kalau pindah, semua akan pindah-pindah itu," ungkap Brigjen TNI Mirza Agus usai upacara HUT TNI ke 73 dan Parade Defile di lapangan Imam Bonjol, Jumat 5 Oktober 2018.

Yang paling terpenting, tegasnya, bagaimana koordinasi semua stakeholder dalam menjalankan mitigasi bencana sebaik mungkin. Sehingga, jikapun bencana terjadi, maka dapat meminimalisir jatuhnya korban.

"Minggu lalu kita semua sudah rapat staf, sekda, DPRD semua sudah koordinasi. Yang penting bagaimana mereview, cek ulang, protap mitigasi bencana yang ada. Teknis mitigasi, alat-alat yang ada, semua harus berfungsi," ujarnya.

"Insha Allah Desember semua teknis ataupun alat-alat sudah bisa diperbaiki," tambahnya.

Wakil Ketua DPRD Sumbar, Arkadius menyebut, terkait perbaikan alat-alat mitigasi bencana terutama gempa dan tsunami memang menjadi perioritas dalam pembahasan anggaran.

"Saat ini masih dalam pembahasan. Yang jelas, memang itu menjadi perioritas untuk dibahas. Kita tidak mau alat-alat mitigasi itu tidak berfungsi dengan baik," pungkasnya.

[Cecep Jambak]