Klarifikasi Video Bantuan Jokowi, Bupati Pesisir Selatan Tak Hadiri Panggilan Bawaslu

"Klarifikasi sendiri rencananya akan digelar di kantor Bawaslu Pesisir Selatan"
Potongan video Bupati Pessel, Hendrajoni yang viral soal bantuan dari Jokowi (Dok.Klikpositif)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumatera Barat akan menggelar klarifikasi terkait video Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni yang viral beberapa waktu lalu soal bantuan sosial dari Presiden Joko Widodo.

Dalam video tersebut diduga, Hendrajoni telah melakukan praktek pelanggaran pemilu, namun untuk memastikan hal itu pihak Bawaslu perlu melakukan klarifikasi terlebih dahulu.

Klarifikasi sendiri rencananya akan digelar di kantor Bawaslu Pesisir Selatan. Namun menurut informasi yang diterima, Hendrajoni tidak bisa hadir karena sedang berada di luar daerah.

"Sesuai dengan surat yang telah kita kirimkan sebelumnya. Hari ini (Jumat 5 Oktober 2018), klarifikasi akan dilaksanakan. Namun, karena Bupatinya diluar daerah, klarifikasi pertama tidak terlaksana," kata Koordinator Divisi Pengawasan Pemilu Sumbar, Vifner.

Baca Juga: Video Bupati Pessel Soal Bantuan Jokowi Viral, Bawaslu Akan Lakukan Penelusuran

Ketidakhadiran Hendrajoni diketahui setelah pihak Bawaslu mendapatkan informasi dari pihak Bagian Hukum Pemkab Pesisir Selatan. Padahal, rencananya, klarifikasi ini akan melibatkan pihak dari Kejati dan Polda Sumbar.

"Tim Gakkumdu (penegak hukum terpadu) yang hadir, juga dari Kejati dan Polda Sumbar. Klarifikasi ini dilakukan sesuai dengan laporan yang kita terima. Sesuai prosedur kita harus meminta klarifikasi pada Bupati," terangnya.

Kendati demikian, katanya, proses klarifikasi akan tetap dilakukan meskipun pada proses yang pertama ini Hendrajoni tidak hadir. Proses sendiri dimulai dengan meminta keterangan pada pihak yang terekam dalam video tersebut.

"Pemeriksaan si penerimaan bantuan yang ada dalam video itu hari ini kita lakukan. Terkait tidak hadir Bupati hari ini, akan pemanggilan keduanya," terang ... Baca halaman selanjutnya