Bawaslu Sumbar Sebut Video Viral Bupati Pessel Dipantau Internasional

"Penanganan proses klarifikasi terkait video Bupati Hendrajoni ini, instruksinya juga langsung dari Bawaslu RI"
Vifner (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Koordinator Divisi Pengawas Pemilu, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumbar, Vifner menyebutkan, laporan terhadap video viral Bupati Hendrajoni terkait bantuan Jokowi, juga disoroti oleh Bawaslu pusat.

"Penanganan proses klarifikasi terkait video Bupati Hendrajoni ini, instruksinya juga langsung dari Bawaslu RI. Informasi dari Bawaslu RI, video yang viral tersebut juga dipantau secara Internasional," sebut Vifner pada KLIKPOSITIF, saat berada di Kantor Bawaslu Pessel, Jumat 5 Oktober 2018.

Lanjutnya, terkait ketidakhadiran Bupati Pesisir Selatan dalam memenuhi panggilan pertama Bawaslu Sumbar, pihaknya akan segera mengatur jadwal untuk pemanggilan selanjutnya.

"Setelah ini (tidak hadir pada pemanggilan pertama), kita berikan kesempatan kedua. Karena di sini yang telapor itukan pak Bupati, jadi pak Bupati punya hak untuk menjelaskan dan klarifikasi," jelasnya.

Lanjutnya, terkait pemanggilan kedua Bupati Pesisir Selatan dalam pemberian keterangan klarifikasi, akan dilakukan Rabu 10 Oktober 2018 nanti. Sesuai komitmen, Bawaslu Sumbar akan terus menindaklanjuti dugaan pelanggaran tersebut sesuai prosedur yang berlaku.

"Kalau tidak memenuhi unsur kita hentikan. Namun, jika memenuhi unsur kita lanjut," jelasnya.

Kasus ini bermula saat Hendrajoni menyerahkan bantuan kepada ASN dan tokoh masyarakat usai upacara gabungan di halaman Kantor Bupati Pessel pada Senin 24 September 2018 pagi. Saat penyerahan bantuan tersebut, ada yang merekam dan menyebarkannya.

Bukan karena bantuan tersebut yang membuat viral. Tapi ucapan Hendrajoni yang mengatakan bahwa bantuan tersebut dari Jokowi yang membuat video itu jadi viral.

"Ini bantuan dari bapak Jokowi, tahu kan? Ingat, dari bapak Jokowi," ujarnya dalam video yang berdurasi 40 detik itu.

[Kiki Julnasri]