Polres Solok Tangkap Oknum Honorer karena Selewengkan Dana PIP

"Kasus penyelewengan dana ini terungkap dari protes yang disampaikan oleh siswa"
Petugas kepolisian memeriksa oknum tenaga honorer yang diduga menyelewengkan dana PIP (Istimewa)

KOTA SOLOK, KLIKPOSITIF -- Kepolisian Resor Kota Solok menangkap seorang oknum tenaga honorer di SMKN 1 Kecamatan Bukik Sundi, Kabupaten Solok.

Ia ditahan oleh pihak kepolisian pada Rabu 3 Oktober 2018 dalam sebuah Operasi Tangkap Tangan (OTT).

Oknum tenaga honorer tersebut diketahui bernama EF (41). Penangkapan dilakukan oleh petugas dari Polsek Bukit Sundi. Ia ditangkap karena diduga telah melakukan tindak penyelewangan terhadap dana Program Indonesia Pintar (PIP).

Kasus penyelewengan dana ini terungkap dari protes yang disampaikan oleh siswa di SMK tersebut pada pihak sekolah

Wakapolres Solok, Kompol Sumintak mengatakan, pihak sekolah kaget saat mendapatkan komplain dari siswanya. Sebab siswa belum menerima uang bantuan PIP yang harusnya didistribusikan pada bulan Agustus lalu.

"Usut punya usut, ternyata uang PIP yang semestinya diterima siswa sebesar Rp95 juta ternyata telah dimanfaatkan pelaku untuk kebutuhan pribadinya, hanya Rp15 juta yang diserahkan," kata Sumintak.

Harusnya menurut dia, tersangka diduga menyelewengkan dana PIP itu 5 hari pasca pencairan. Dengan kondisi seperti itu, pihak sekolah terpaksa melakukan penggantian dana secara bertahap.

Sumintak menjelaskan, saat proses penggantian berlangsung, tersangka pun memotong bantuan setiap siswa dengan besaran bervariasi, mulai dari Rp200 ribu hingga Rp500 ribu.

Menurut catatan kepolisian, secara kesuluruah dana PIP yang telah diselewengkan oleh tersangka EF berjumlah Rp86.360.000.

Dana tersebut berasal dari jumlah dana PIP yang harusnya diberikan untuk 110 siswa SMKN 1 Bukit Sundi.

Saat ditangkap pun, sebut Sumintak, petugas mendapati sejumlah barang bukti berupa buku tabungan siswa penerima PIP, uang tunai hasil potongan dana siswa PIP sebesar Rp6.360.000, uang tunai Rp20.000.000 yang merupakan uang pengganti dana PIP yang telah dipergunakan oleh EF dan sejumlah barang administrasi sekolah ... Baca halaman selanjutnya