KPU Sawahlunto Tetapkan 199 Tempat Pasang APK, Ini Syaratnya

"Ia menghimbau Parpol dan Timses untuk mempergunakan lokasi itu dengan seperlunya"
Ilustrasi pemasangan APK (KLIKPOSITIF/Cecep Jambak)

SAWAHLUNTO, KLIKPOSITIF -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sawahlunto TELAH menetapkan 199 lokasi untuk pemasangan alat peraga kampanye (APK).

Hal itu sesuai dengan surat keputusan KPU kota Sawahlunto nomor 120/HK.03.1.Kpt/1373/KPU.Kot/2018 tentang penetapan jenis dan jumlah APK untuk pemilihan umum kota Sawahlunto.

Ketua KPU Kota Sawahlunto, Fadhlan Armey mengatakan pihaknya telah memberikan izin resmi untuk pemasangan APK dan memfasilitasinya untuk tiga Dapil (daerah pemilihan) di empat kecamatan di kota Sawahlunto sejak tanggal 23 september 2018.

Aturan untuk pemasangan baliho dan spanduk berdasarkan fasilitasi KPU mencakup tiga bagian untuk peserta pemilu.

"Untuk Pilpres ada dua yaitu baliho ukuran 3x5 meter jumlah 10 APK setiap pasangan calon, spanduk ukuran 7x1,5 meter jumlah 16 APK setiap partai politik," katanya di Kantor KPU Kota Sawahlunto, Senin 8 Oktober 2018.

"Pemilu anggota DPD cuma spanduk ukuran 5x1 meter jumlah 10 APK setiap calon anggota DPD," sambungnya.

Ia menghimbau Parpol dan Timses untuk mempergunakan lokasi itu dengan seperlunya sesuai kebutuhan, memenuhi syarat, tidak menutupi rumah orang, tidak menutupi usaha warga, serta minta izin pada warga.

Sementara itu, anggota KPU Kota Sawahlunto, Rika Arnelia menjelaskan, didalam APK tersebut harus memenuhi tiga kategori peserta pemilu.

Pada APK pemilihan presiden (Pilpres) desain harus memuat nama dan nomor urut pasangan calon, visi misi dan program pasangan calon, serta foto pasangan calon.

Lalu untuk foto tokoh yang melekat pada citra dari pasangan calon dan atau foto pengurus parpol atau gabungan parpol, lambang nama dan nomor urut parpol atau gabungan politik.

Ia menambahkan pada pemilihan legislatif (Pileg) DPRD Kota, DPRD Provinsi, DPR-RI harus memuat nama dan nomor urut parpol, visi misi dan program parpol, foto pengurus parpol, foto tokoh yang melekat pada citra diri parpol.

"Hal ... Baca halaman selanjutnya