Jokowi : Pasar Ekspor Bukan Hanya Amerika, Eropa ataupun Jepang

"Jokowi minta kepada pengusaha tidak hanya kuat di pasar lokal, namun juga harus kuat di ekspor"
Jokowi saat hadiri Rakernas Iwapi di Padang (KLIKPOSITIF/Cecep Jambak)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Presiden Indonesia, Joko Widodo mengajak perempuan pengusaha di Indonesia untuk berani berfikir, bahwa pasar ekspor bukan hanya Amerika, Eropa, ataupun Jepang.

"Perempuan pengusaha banyak celah untuk membuka lapangan kerja baru. Sebab, di situ banyak UMK. Yang terpenting pasarnya. Jangan hanya kuat di pasar lokal, namun juga ekspor," ungkap Jokowi saat membuka Rapat Kerja Nasional Ke 28 (XXVIII) Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI), 8 Oktober 2018 di Hotel Grand INNA Padang, Sumatera Barat.

"Saya mengajak agar berani mengarahkan produk ke pasar ekspor," tambahnya.

Presiden Indonesia ke 7 ini berpesan, dengan menguasai hampir seluruh unit usaha menengah di Indonesia, perempuan pengusaha jangan takut dengan persaingan pasar luar negeri. Namun harus pintar mencari celah pasar tersebut, dan jangan terpaku hanya di Eropa, ataupun Amerika saja.

"Jangan berfikir pasar ekspor hanya Eropa, Amerika dan Jepang, namun masih banyak yang lain, seperti Afrika dan lainnya. Perempuan pengusaha Indonesia tidak boleh takut dengan tantangan dan kompetisi dengan negara lain," ajaknya.

"Untuk pemasangan sangat banyak sekmentasi, ada atas, menengah dan bawah, terbentang luas, oportunitinya banyak sekali. Jika perempuan pengusaha berbuat lebih berani lagi, kita yakin ekonomi Indonesia akan terus tumbuh. Saya meyakini produk kita memiliki kualitas dan daya saing," sebutnya.

"Indonesia butuh perempuan pengusaha, kalau ingin ekonomi kita maju," pungkasnya.

[Cecep Jambak]