Karena Alasan Ini, Jokowi Sebut Perempuan Pengusaha Pantas Sukses

"Perempuan lebih teliti dalam menghitung cost"
Presiden Jokowi bersama Gubernur Sumbar Irwan Prayitno (Istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Presiden Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) menyebut perempuan pengusaha pantas sukses, karena lebih ulet, teliti, dan perhitungan.

"Sebenarnya perempuan pengusaha itu lebih gigih dari pengusaha laki-laki, lebih ulet, lebih teliti. Yang lebih penting itu, kalau ngitung lebih itungan. Terpaut seribu saja mana mau," ungkap Jokowi saat membuka Rapat Kerja Nasional Ke 28 (XXVIII) Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI), 8 Oktober 2018 di Hotel Grand INNA Padang, Sumatera Barat.

Namun, dengan sifat perhitungan itu, kata Jokowi, perempuan pengusaha lebih memiliki kemampuan dasar dalam menjalani usaha, atau menjadi pengusaha sukses.

"Ini sebetulnya modal besar untuk pengusaha agar jadi sukses. Kalau tidak tau itungan jangan jadi pengusaha. Perempuan lebih teliti dalam menghitung cost-nya berapa, untungnya berapa, itu yang saya yakini," sebutnya.

Menurutnya, saat ini banyak sekali dari UMKM yang dijalani oleh perempuan. Makin maju UMKM, berarti ekonomi Indonesia semakin maju.

"Kita ingin dalam menghadapi persaingan ekonomi ke depan, Indonesia memiliki pengusaha-pengusaha perempuan. Terus berkembang dan terus berinvestasi," ujarnya.

[Cecep Jambak]