Permudah Surat Menyurat, Kejari Payakumbuh Luncurkan Aplikasi SiAP SiKoMo

"Aplikasi ini menjadi solusi mengatasi penumpukan surat menyurat"
Oktri Kurniawan (kiri) saat menjelaskan terkait cara kerja aplikasi SiAP SiKoMo (KLIKPOSITIF/Taufik Hidayat Kampai)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF -- Untuk memudahkan tata kelola surat menyurat di lingkungan kerjanya, Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Payakumbuh menciptakan sebuah aplikasi berbasis computer dan handpone yang diberi nama 'SiAP SiKoMo'. Melalui aplikasi ini, aparatur kejaksaan tetap bisa melakukan surat menyurat yang membutuhkan disposisi dari pimpinan Kejari meski yang bersangkutan sedang tidak berada di tempat.

Kasubag BIN (Pembinaan) Kejaksaan Negeri Payakumbuh Oktri Kurniawan yang menciptakan aplikasi tersebut mengatakan, dengan adanya aplikasi SiAP SiKoMo, maka alur masuk surat di lingkungan kejaksaan dapat terpantau dengan mudah, selain itu keberadaan SiAP SiKoMo juga menjadi solusi atas banyaknya surat yang menumpuk di ruang Kepala Kejari karena butuh disposisi.

Melalui SiAP SiKoMo ini, kepala kejari tetap bisa langsung memberikan disposisi meski tengah dinas luar atau tidak berada di Payakumbuh. Aplikasi ini juga sudah diuji coba pada pertengahan September lalu.

“Intinya dengan aplikasi ini alur keluar masuk surat di lingkungan Kejaksaan Negeri Payakumbuh bisa lebih baik dan tertata. Dan yang terpenting adalah, saat suatu surat membutuhkan disposisi dari pimpinan namun yang bersangkutan tidak berada ditempat, disposisi dapat tetap bisa diberikan, baik dengan suara ataupun dengan tulisan, karena surat yang membutuhkan disposisi bisa dibaca pimpinan di dalam aplikasi SiAP SiKoMo. Nantinya hasil disposisi itu bisa diprint oleh operator di kantor,” kata kepada KLIKPOSITIF ketika ditemui di Kantor Kejaksaan Negeri Payakumbuh di Kawasan Koto Nan IV, Senin 8 Oktober 2018.

Dikatakannya, selama ini cukup banyak proses surat menyurat yang harus tertunda karena membutuhkan disposisi dari kepala kejari dan akibatnya surat menjadi menumpuk. Tapi, semenjak aplikasi ini diuji cobakan, tumpukan surat menjadi berkurang drastis.

Dia mengakui kalau aplikasi SiAP SiKoMo masih butuh beberapa pengembangan lagi. ... Baca halaman selanjutnya