Mulai 2019, Pedagang Pasar Kaduduak Payakumbuh Wajib Buka Setiap Hari

"mulai 2019 akan diberlakukan aturan yang mewajibkan setiap pemilik kios dan los untuk buka setiap hari"
Wali Kota Payakumbuh saat mengunjungi Pasar Kaduduak. (istimewa)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF -- Sebagai salah satu pasar satelit yang mulai beroperasi pada Februari lalu, keberadaan Pasar Padang Kaduduak di Kecamatan Payakumbuh Utara masih belum terlalu diminati masyarakat sekitar. Karena itu, mulai 2019 akan diberlakukan aturan yang mewajibkan setiap pemilik kios dan los untuk buka setiap hari.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pasar dan UMKM Kota Payakumbuh, Dahler menyebut, sampai saat ini masih terdapat sekitar 50 persen kios dan los yang belum rutin buka setiap harinya. Ini dikarenakan Pasar masih sepi pengunjung.

Meski belum terlalu ramai dikunjungi masyarakat, Dahler menilai hal tersebut sebagai suatu hal yang wajar karena Pasar Kaduduak adalah pasar baru benar-benar dibangun dari nol. Bukan melanjutkan pembangunan pasar kaget atau pasar tradisional lain.

Untuk menyiasati hal itu, Dinas Koperindag, Pasar dan UMKM sendiri sudah melakukan berbagai upaya untuk memancing minat masyarakat supaya mau berkunjung ke salah satu pasar satelit di Kota Batiah itu. "Cara kami menarik minat masyarakat adalah dengan menggelar berbagai acara di pasar dan kadang kala ada undian berhadiah juga," kata Dahler.

Selain menggelar kegiatan untuk memancing minat pengunjung, Dahler juga menyebut, kalau pada 2019 mendatang, pihaknya akan mengeluarkan aturan untuk mewajibkan seluruh pedagang yang mendapatkan los dan kios supaya buka setipa hari. Sistem buka tutup akan dilarang. "Tahun 2019 wajib buka. Tidak ada sistem buka tutup lagi," tegasnya.

Dalam perhitungan Dahler, jika seluruh kios dibuka dan arus jual beli lancar, pada 2019 Pasar nanti, Pasar Padang Kaduduak mampu mengurangi 2 ribu lebih angka pengangguran. Kemudian, pendapatan masyarakat Payakumbuh Utara meningkat sekitar 42 persen.

Dikatakannya, dengan luas tanah yang mencapa 4,3 hektar dan menghabiskan anggaran mencapai Rp4.2 Miliar untuk pembangunannya, Pasar Padang Kaduduak sebenarnya punya potensi cukup ... Baca halaman selanjutnya