Terkait Video Viral, Bupati Pessel: Sebaiknya Bawaslu Dibubarkan Saja!

"Itukan pekerjaan Bawaslu kabupaten. Kalau masih diminati lagi keterangan oleh provinsi dan pusat untuk apa Bawaslu kabupaten? Bagusnya dibubarkan saja"
Bupati Pessel, Hendrajoni (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni menilai sebaiknya Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) kabupaten dan kota dibubarkan saja. Sebab, dari kasusnya (video Jokowi) Bawaslu Propinsi masih saja ingin memintai keterangannya lagi, padahal Bawaslu Kabupaten Pesisir Selatan telah memintai keterangannya.

"Ini perlu diluruskan, Bawaslu ini setiap kabupaten ada, setiap provinsi ada dan pusat ada. Setelah video itu viral (bantuan Jokowi), hari itu juga saya diinterogasi oleh Bawaslu Pessel, saya berikan keterangan dan saya tanda tangani bukti keterangan itu. Kemarin saya mau dimintai lagi keterangan, untuk apa?," tegasnya usai menghadiri pelantikan Bupati Padang Pariaman dan Padang Panjang di Aula Kantor Gubernur Sumbar, Selasa 9 Oktober 2018.

Menurutnya, Bawaslu Pessel telah cepat mengambil langkah. Namun masih ada lagi pemanggilan-pemanggilan berikutnya. Padahal keterangan telah diberikan sedetail-detailnya kepala Bawaslu kabupaten. Seharusnya keterangan tersebut diberikan kepada Bawaslu Provinsi dan Pusat.

"Itukan pekerjaan Bawaslu kabupaten. Kalau masih diminati lagi keterangan oleh provinsi dan pusat untuk apa Bawaslu kabupaten? Bagusnya dibubarkan saja," ujarnya geram.

Ditegaskan oleh mantan polisi itu, dirinya siap menerima keputusan dari Bawaslu jika terbukti melanggar. Namun sejauh penilaian pribadinya, apa yang dilakukan dan dikatakan dalam vidio tersebut dalam rangka transparansi dalam pemerintahan.

"Kalau ada pelanggaran silakan saja, saya siap menerimanya. Tapi apa yang saya katakan itu betul adanya, itu bantuan pemerintah pusat, pemerintah pusat siapa? ya pak Jokowi. Saya tidak ada mengatakan nanti pilih Jokowi ya, ndak ada," terangnya.

Pada 5 Oktober kemarin, Bawaslu Sumbar bertandang ke Pesisir Selatan untuk memintai klarifikasi terkait video Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni yang viral beberapa waktu lalu soal bantuan sosial dari Presiden Joko Widodo. Klarifikasi sendiri ... Baca halaman selanjutnya