17 Perguruan Silat akan Ikuti Festival Silat Internasional di Payakumbuh

"Ada satu perguruan silat dari luar negeri yang akan meramaikan event ini"
Ilustrasi (KLIKPOSITIF/Haswandi)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF -- Festival Silat Internasional di Kawasan Medan Nan Bapaneh Ngalau Indah, Kecamatan Payakumbuh Barat, Kota Payakumbuh pada 13-15 Oktober 2018 mendatang dipastikan bakal diikuti 17 perguruan silat. Dari jumlah tersebut, terdapat satu perguruan silat dari luar negeri yang akan meramaikan event internasional itu.

"Sudah ada 17 perguruan silat yang memastikan diri untuk ikut. Ada satu yang dari luar negeri dan 16 perguruan dari Sumbar," kata Muasri, Selasa 9 Oktober 2018.

Dalam Festival Internasional ini nantinya akan dibagi dalam tiga kelas, yakni festival antar perguruan di Sumbar atau Gelangang Anak Nagari, Festival antar Provinsi dan Internasional untuk eksebisi.

“Nantinya masing-masing perguruan diperkirakan akan mengirim sekitar 16 orang pesilatnya. Untuk peserta luar negeri hanya eksebisi,” lanjutnya.

Muasri juga menambahkan, kegiatan yang digelar dengan Dana Pokir anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat, Supardi yang sengaja dikemas dalam bentuk kegiatan seni dan budaya Minang. 

Sementara itu, salah seorang Pandeka Silat dari Perguruan Silat Minsai Al-Fitrah Kota Payakumbuh, Reynaldo mendukung dan mengapresiasi kegiatan Festival Silat Internasional yang digelar di Payakumbuh.

"Tentu kami dukung dan apresiasi kegiatan Silat internasional yang akan digelar di Kota Payakumbuh. Mudah-mudahan bisa bisa terus memajukan Silat baik di Payakumbuh, Sumatera Barat maupun secara umum,” sebutnya.

Kabid Kesenian Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota Payakumbuh, Nirdawati menyebut, kegiatan tingkat Internasional yang digelar di Payakumbuh bisa berjalan dengan sukses. 

"Ini kegiatan internasional, persiapan harus matang. Untuk itu koordinasi jelang pelaksanaan harus terus dilakukan,” jelasnya.

[Taufik Hidayat Kampai]