Pemprov Sumbar Serahkan Bantuan 1,6 Ton Randang dan Uang Rp1 Miliar ke Sulteng

"hingga saat ini Pemprov Sumbar masih melakukan penggalangan bantuan untuk Sulteng baik berupa uang dan logistik seperti pakaian dan makanan"
Pemprov Sumbar serahkan bantuan ke Pemprov Sulteng untuk korban gempa Palu. (istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Sumbar, Rumainur yang ikut mendampingi Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit mengantarkan bantuan Randang 1,6 ton dan uang Rp 1 miliar telah diterima Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah.

"Tadi langsung diserahkan Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit kepada Gubernur Sulteng Longki Djanggola di ruang kerja Gubernur," kata Rumainur saat dihubungi KLIKPOSITIF, Rabu 10 Oktober 2018.

Disebutkannya, dalam penyerahan bantuan juga hadir Ketua Baznas Provinsi Sumatera Barat Prof. Dr. H. Syamsul Bahri Khatib. "Baznas Sumbar juga menyalurkan bantuan sebesar Rp150 juta bagi perantau Minangkabau yang menjadi korban bencana itu," ungkapnya.

Sementara, Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit mengatakan, hingga saat ini masih melakukan penggalangan bantuan untuk Sulteng baik berupa uang dan logistik seperti pakaian dan makanan. Masyarakat kita masih menggalang dana hingga hari ini bahkan dari berbagai organisasi mahasiswa, masyarakat dan komunitas," ujarnya.

Untuk diketahui data perantau Minangkabau yang menjadi korban bencana di Sulteng tercatat meninggal dunia 8 orang, belum ditemukan 12 orang, luka-luka 3 orang. Rencananya besok (11 Oktober 2018), evakuasi dan pencarian korban rencananya dihentikan.

Sementara untuk rumah perantau Minangkabau di Sulteng yang rusak akibat gempa tsunami tercatat 36 unit rusak berat, 4 unit rumah tersapu tsunami, rumah rusak sedang dan ringan 105 unit. Bagi perantau yang belum ditemukan, kita harus mengikhlaskan. Lokasi bencana yang terkubur lumpur, dianggap kuburan massal.

[Joni Abdul Kasir]