Dandim 0310/SSD : Tumbuhkan Pemahaman Bela Negara Sejak Dini

"Kita semua menyadari, pemahaman tentang Bela Negara ini sangat penting bagi segenap warga negara"
Dandim SSD saat menjadi pemateri (Ist)

SIJUNJUNG, KLIKPOSITIF -- Komandan Distrik Militer (Dandim) 0310/SSD (Sawahlunto Sijunjung Dharmasraya) Letkol Inf Irvan Yusri mengatakan pentingnya menumbuhkan pemahaman Bela Negara sejak dini agar generasi muda benar-benar memiliki kesiapan untuk menjadi penerus perjuangan bangsa di masa depan.

"Kita semua menyadari, pemahaman tentang Bela Negara ini sangat penting bagi segenap warga negara, utamanya bagi generasi muda karena mereka akan kita persiapkan untuk menerima tongkat estafet kepemimpinan di masa yang akan datang," katanya saat menjadi pemateri Bela Negara Kabupaten Sijunjung di Perkampungan Adat Nagari Sijunjung, Rabu 10 Oktober 2018.

Dandim melanjutkan, semua warga negara berkewajiban untuk ikut serta dalam Bela Negara sebagaimana pada Pasal 27 Ayat 3 UUD 1945. Akan tetapi, pemaknaan Bela Negara saat ini, tidak mutlak dengan berperang atau aktivitas heroik lain yang menggunakan senjata.

"Untuk berperang harus profesional dan dilatih, itu sejalan dengan Pasal 9 UUD Nomor 3 tahun 2002 tentang pertahanan Negara menegaskan bahwa setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya bela negara yang diwujudkan dalam penyelenggaraan pertahanan egara dalam upaya bela negara," lanjutnya.

"Ketentuan mengenai Pendidikan kewarganegaraan, pelatihan dasar kemiliteran secara wajib dan pengabdian sesuai dengan profesi diatur dengan Undang-undang," sambungnya.

Dalam Diklat tersebut, Dandim menyampaikan materi Mempertahankan Ideologi Pancasila Melalui Bela Negara Untuk Menjaga Keutuhan NKRI dihadapan para peserta Diklat Bela Negara gelombang I tahun 2018 itu terdiri dari FKPPI, PPM dan HMI Kabupaten Sijunjung.

[Muhammad Haikal]