Banjir Pasaman, Ribuan Warga Lubuk Layang Butuh Bantuan Sembako

"warga terdampak banjir di 8 kejorongan yang ada di Lubuk Layang belum mendapat bantuan dari Pemkab Pasaman"
Warga yang menjadi korban banjir di Pasaman. (KLIKPOSITIF/Man St Pambangun)

PASAMAN, KLIKPOSITIF -- Ribuan warga Nagari Lubuk Layang, Kecamatan Rao Selatan, Kabupaten Pasaman yang terdampak banjir sangat membutuhkan bantuan beras dan lauk pauk. Hingga saat ini warga terdampak banjir di 8 kejorongan yang ada di Lubuk Layang belum mendapat bantuan dari Pemkab Pasaman.

"BPBD Pasaman juga belum ada turun ke kantor Nagari Lubuk Layang," kata Wali Nagari Lubuk Layang, Ermin pada KLIKPOSITIF, Kamis 11 Oktober 2018 sore.

Menurut Ermin, sejak banjir Selasa 9 Oktober 2018 tengah malam, ada 590 unit rumah yang terendam dengan jumlah 2.000 jiwa penduduk. Beras dan padi serta sembako mereka hanyut terbawa banjir. Disaat warga tidur pulas, banjir tiba-tiba menghantam rumah warga sehingga bahan kebutuhan pokok warga tidak bisa terselamatkan.

"Kita sangat berharap bantuan beras dan lauk pauk atau makanan ringan untuk korban banjir. Saat ini mereka makan seadanya saja, selain itu mereka juga belum bekerja seperti biasanya," sebut Ermin.

Kondisi saat ini dua kejorongan lagi yang terisolasi karena akses jalan terputus akibat terendam banjir. Dua kejorongan itu adalah Jorong Kubu dan Jorong Tanjung Beriang. "Kita juga masih siaga di kantor wali nagari karena dikawatirkan adanya banjir susulan. Sebab, cuaca masih mendung dan berpotensi hujan," sebutnya.

[Man St Pambangun]