Malaysia Hapus Hukuman Mati, Semua Narapidana akan Dibebaskan

"Malaysia sendiri memutuskan untuk menghapus hukuman mati bagi para penjahat tersebut setelah melakukan tiga hari studi"
ilustrasi hukuman mati (net)

KLIKPOSITIF -- Malaysia akan menghapus hukuman mati bagi para penjahat, penjual narkoba, kasus kepemilikan senjata api, pembunuhan dan terorisme. Malaysia sendiri memutuskan untuk menghapus hukuman mati bagi para penjahat tersebut setelah melakukan tiga hari studi.

Dilansir dari lamar Bussines Insider, kamar jaksa agung Malaysia akan melakukan pendalaman terhadap keputusan tersebut agar komitmen Malaysia untuk memperjuangkan standar Hak Asasi Manusia (HAM) Internasional bisa tercapai.

Keputusan ini juga akan dipertanggungjawabkan oleh Deputi Menteri di Departemen Perdana Menteri Malaysia, Liew Vui Keong. "Bahwa eksekusi ini harus dihentikan segera, termasuk narapidana yang berada diambang kematian,” katanya.

"Hukuman mati ini terlalu keras untuk pelaku kejahatan seperti penjual narkoba. Namun, pemerintah belum memastikan hukuman apa yang tepat untuk seorang pelaku kejahatan, yang jelas bukan hukuman mati," jelasnya.

"Pelanggaran narkoba ini jauh berbeda jika dibandingkan dengan narapidana yang berbuat keji," tutup pria yang juga seorang advokat ini. (Tina)

sumber: Bussines Insider