BPBD Sumbar: Payakumbuh dan Bukittinggi Cukup Aman dari Banjir

"Payakumbuh dan Bukittinggi cukup aman dari banjir karena drainase disana cukup baik sehingga resiko banjir itu cukup kecil"
Kondisi banjir saat ini di Nagari Lubuk Layang (KLIKPOSITIF/Man St Pambangun)

PADANG, KLIKPOSITIF - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Barat mengungkapkan ada beberapa daerah yang cukup aman dari banjir, yakni Payakumbuh dan Bukittinggi.

Daerah tersebut dapat dikatakan cukup aman dan tidak berpotensi terkena banjir meski tidak menutup kemungkinan untuk terkena longsor seperti Bukittinggi.

"Payakumbuh dan Bukittinggi cukup aman dari banjir karena drainase disana cukup baik sehingga resiko banjir itu cukup kecil. Meskipun di Bukittinggi bencana longsor tetap beresiko terjadi disana," ujar Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Sumbar, Rumainur.

Kemudian ia mengungkapkan, daerah yang rawan terkena bencana banjir selama musim hujan ini hampir keseluruhan daerah di Sumatera Barat.

Untuk saat ini, menurut data BPBD Sumbar, daerah terdampak banjir yakni, Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Limapuluh Kota, Kabupaten Pesisir Selatan, Kabupaten Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat, Kabupaten Padang Pariaman, Kabupaten Agam, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Kabupaten Sijunjung, Kabupaten Solok dan Kota Sawahlunto.

"Di Agam itu termasuk rawan terhadap banjir karena ada drainase di titik tertentu yang dapat menyebabkan banjir. Sementara untuk di Solok itu tergantung dengan kondisi sungai Batang Lembang. Kalau curah hujan cukup tinggi dan sungai itu meluap tentunya akan berimbas banjir ke Kabupaten dan Kota Solok," kata Rumainur.

"Kami mengimbau masyarakat untuk tetap waspada terhadap kondisi banjir apabila intensitas hujan dirasa cukup tinggi. Semua penghuni rumah diminta untuk tidak tidur terlalu nyenyak, kalau perlu ada yang bangun untuk jaga-jaga apabila terjadi banjir," tutur Rumainur.

Ia mengungkapkan, daerah-daerah yang terkena dampak banjir dapat melaporkan ke pemerintah setempat dan pemerintah setempat dapat melaporkan pada pemerintah Provinsi, nanti pemerintah Provinsi menurunkan bantuan dan akan meminta Kabupaten/Kota sekitarnya untuk turut ... Baca halaman selanjutnya