Jalinsum di Sijunjung Ditutup Longsor, Lalulintas Terganggu

"Saat ini, pembersihan badan jalan dihentikan sementara karena kondisi hujan serta tanah dan batuan masih turun dari atas bukit"
Jalinsum di Sijunjung yang tertutup longsor. (KLIKPOSITIF/Muhammad Haikal)

SIJUNJUNG, KLIKPOSITIF -- Arus lalulintas jalan lintas sumatera (Jalinsum) KM 137 Sijunjung terganggu akibat sebagian badan jalan tertutup material longsor. Kapolsek Tanjung Gadang, Iptu Zamrinaldi mengatakan, longsor disertai pohon tumbang terjadi pada pukul 09.30 WIB mengakibatkan tertutupnya sebagian badan jalan.

"Pembersihan badan dilakukan dengan menyingkirkan batu dan tanah, untuk pohon tumbang personel memotong menggunakan mesin chainsaw," katanya di Bukit Sebelah, Jorong Pandam, Nagari Tanjung Lolo, Kecamatan Tanjung Gadang, Kabupaten Sijunjung, Jumat 12 Oktober 2018.

Kapolsek melanjutkan, pembersihan badan jalan dihentikan sementara karena kondisi hujan serta tanah dan batuan masih turun dari atas bukit, namun arus lalu lintas sudah mulai berjalan lancar meski separuh badan masih tertutup oleh material longsor.

"Sampai sekarang hujan masih turun, kita menunggu hujan reda untuk melanjutkan pembersihan badan jalan, sementara menunggu, personel mengatur lalu lintas dan tetap siaga kalau terjadi longsor susulan," ujarnya.

"Peristiwa ini sudah kami koordinasikan dengan BPBD kabupaten Sijunjung dan pengawas jalan propinsi yg berada di Muaro Takung," sambungnya.

Sehubungan dengan peristiwa tersebut, Kapolsek mengumpulkan Bhabinkamtibmas untuk pro aktif menyampaikan kepada warganya untuk waspada pada musim hujan yang menyebabkan terjadinya banjir bandang dan tanah longsor.

[Muhammad Haikal]