Bertahan di Tiang, Pria Bertongkat di Tanah Datar Ini Selamat dari Longsor

"Mendengar suara gemuruh itu, saya langsung melihat ada air yang datang akan menghantam"
Eriswal, salah seorang korban longsor Tanah Datar yang selamat. (KLIKPOSITIF/Albert Caniago)

Selamat dari sebuah bencana tentunya menjadi sebuah hikmah tersendiri bagi seorang korban bencana alam. Itulah yang dirasakan oleh seorang korban longsor di Kenagarian Tanjung Bonai, Kecamatan Lintau Buo Utara pada Kamis 11 Oktober 2018 malam. Akibat bencana longsor itu, dua orang dilaporkan meninggal dan dua lainnya masih hilang.

Albert Caniago -- TANAH DATAR

Lelaki paruh baya yang bernama Eriswal (55) itu selamat meskipun dia menyaksikan langsung air bah yang menghantam tempatnya biasa duduk, sebuah warung kecil yang tidak jauh dari rumahnya. Dia selamat, tapi rumahnya habis terendam longsoran.

Tidak hanya dia yang berada di warung tersebut, dia juga membawa dua orang cucunya yang masih remaja untuk berteduh di warung tersebut. "Saya sedang duduk di warung yang berada di pinggir jalan itu dan tiba-tiba saya mendengar suara gemuruh dari atas," ujarnya kepada Klikpositif.com, Jumat 12 Oktober 2018.

Kejadian tersebut masih terbayang jelas di ingatan lelaki yang rambutnya telah memutih itu. Bahkan, dia juga tidak percaya dengan keterbasannya karena menggunakan tongkat, masih bisa selamat dari bencana tersebut.

"Mendengar suara gemuruh itu, saya langsung melihat ada air yang datang akan menghantam," katanya.

Melihat air bah yang akan menghantam itu, dia langsung memegang tiang bangunan warung tersebut dan mencoba bertahan pada tiang itu. "Kaki saya memang sudah lama sakit dan saya tidak mampu untuk lari, makanya saya langsung mencoba bertahan pada tiang itu," lanjutnya.

Setengah jam lamanya dia bertahan pada tiang tersebut hingga ada bantuan yang datang dan membantunya keluar dari lokasi banjir bandang itu. "Saya hanya luka ringan saja dan beruntung kedua cucu saya juga selamat dalam kejadian itu," katanya.

Dia mengatakan, kejadian tersebut dikarenakan hujan deras yang menghantam daerah tersebut kurang lebih selama satu jam. Lelaki itu sangat beruntung dengan tiang yang ada di ... Baca halaman selanjutnya