Ombudsman Sumbar Buka Posko Pengaduan Penerimaan CPNS

"Ombudsman telah memetakan potensi maladministrasi ataupun permasalahan yang mungkin saja terjadi"

PADANG, KLIKPOSITIF -- Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Sumatera Barat membuka posko pengaduan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2018. Posko Pengaduan ini bertujuan untuk mengawasi penerimaan CPNS tahun ini agar tidak terjadi kecurangan, khususnya di Sumbar.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Perwakilan Ombudsman Perwakilan Provinsi Sumatera Barat Adel Wahidi mengaku Ombudsman telah memetakan potensi maladministrasi ataupun permasalahan yang mungkin saja muncul pada saat proses penerimaan CPNS.

"Ini tugas berat. Oleh karena itu kami telah menunjuk tim khusus untuk pengawasan penerimaan CPNS di Sumbar," ujarnya, Jumat 12 Oktober 2018 di Padang.

Menurutnya, di setiap tahapan berpotensi muncul permasalahan. Mulai dari pengumuman seleksi dan formasi misalnya, kecurangan dapat terjadi dalam bentuk informasi atau pengumuman kriteria persyaratan yang tidak diumumkan secara utuh.

Selanjutnya, permasalahan yang dapat muncul pada tahapan pendaftaran, yaitu permasalahan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Kartu Keluarga (KK). Dalam hal ini Ombudsman telah berkoordinasi dengan beberapa Disdukcapil untuk memastikan kesiapan mereka, makala nanti ada permasalah pada NIK saat mendaftar.

Selain itu, permasalahan pada sistem www.sscn.bkn.go.id. Salah klik, salah pilih formasi, salah mengunggah (upload) dokumen persyaratan, dan perbedaan nama sebenarnya dengan nama yang tercantum di sistem.

Untuk tahap verifikasi dan kelengkapan dokumen CPNS, kecurangan bisa saja dengan cara tidak meluluskan pelamar pada saat seleksi administrasi, meskipun pelamar merasa telah memenuhi berkas sesuai persyaratan

Selanjutnya, kecurangan bisa terjadi saat pelaksanaan Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) dan Seleksi Kemampuan Bidang (SKB), berupa sarana-prasarana fisik yang kurang memadai, seperti aliran listrik/genset, jaringan internet, lokasi ujian CPNS yang jauh/tidak representatif, gangguan ... Baca halaman selanjutnya