Masih Banyak Warga Sumbar Belum Bisa Gunakan Hak Pilih Saat Pemilu 2019

"Dari 125 sampel yang ditemui terdapat 34 pemilih gagal cek DPT"
Pengecekan DPT yang dilakukan oleh tim GMHP KPU Sumbar di Pasar Raya Padang (Istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat mencatat, masih warga belum bisa menggunakan hak pilihnya saat Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 mendatang.

Hal itu terungkap saat penelusuran yang dilakukan oleh tim Gerakan Melindungi Hak Pilih (GMHP) mobile di sejumlah lokasi di Kota Padang.

Penelusuran ini dilakukan serentak secara nasional dari 1 hingga 28 Oktober 2018 mendatang. Untuk di Kota Padang, penelusuran berlangsung pada 11 hingga 13 Oktober 2018 tadi di kampus UNP, UNAND dan Pasar Raya Padang.

"Dari jumlah warga yang kami temui, 21 persen diantaranya tidak terdaftar dalam DPT Pemilu 2019," kata anggota tim GMHP KPU Sumbar, Zamzami pada KLIKPOSITIF.

Ia menjelaskan, untuk di Kota Padang sendiri, pihaknya sudah menemui sekitar 500 orang warga di beberapa lokasi. Angka 21 persen tersebut didapat dari 500 sampel itu.

Misalnya, sebut dia, dari 66 yang ditemui terdapat 5 pemilih gagal cek DPT, 48 pemilih terdaftar dan tang tidak terdaftar dan mengisi form tanggapan 13 orang pemilih ini terjadi di kampus Unand Limau Manis Padang, 11 Oktober 2018.

Sementara itu, di kampus UNP terdapat 33 sampel pemilih ditemui gagal mengecek 8 pemilih, terdaftar hanya 10 pemilih dan yang tidak terdaftar terdapat 15 pemilih pada 12 Oktober 2018.

"Dari 125 sampel yang ditemui terdapat 34 pemilih gagal cek DPT dan yang terdaftar 71 pemilih, namun yang tidak terdaftar dan yang mengisi formulir tanggapan sebanyak 20 orang pemilih," papar dia.

Secara keseluruhan kata Zamzami, tiga hari GMHP mobile KPU Sumbar terjun ke masyarakat pemilih, terdapat 21 persen yang gagal cek DPT. Sementara yang terdaftar 57,6 persen dan dan yang tidak terdaftar dan mengisi formulir tanggapan sebesar 21 persen.

Sementara itu, anggota Tim GMHP Sumbar lainnya, Febrina Maulidya menambahkan, pemilih yang gagal cek data GMHP karena tidak membawa KTP dan ada juga ... Baca halaman selanjutnya