Panjang Rute TdS 2018 Bukittinggi Dikurangi

"tahun ini jalur yang akan dilewati pebalap hanya sepanjang 7,6 kilometer"
Pebalap melewati jalur kota Bukittinggi (KLIKPOSITIF/Hatta Rizal)

BUKITTINGGI,KLIKPOSITIF--Iven Tour de Singkarak (TdS) ke X bakal diadakan pada 3-11 November 2018 mendatang di 15 Kabupaten/Kota di Sumatera Barat.

Kota Bukittinggi, menjadi lokasi Grand Opening dan Grand Start (3-4 November) pada Stage 1 dengan rute Bukittinggi-Sijunjung. Terjadi beberapa perubahan terkait rute TdS 2018 saat pebalap sepeda dari 28 negara mengawali balapan di Bukittinggi pada penyelenggaraan kali ini.

Rinaldi Irwan dari Humas Penyelenggaraan TdS 2018 Bukittinggi menyebut, perbedaan dibandingkan tahun sebelumnya yakni panjang rute dikurangi.

"Tahun sebelumnya 10 kilometer, sekarang mengecil menjadi 7,6 kilometer,"sebutnya, Senin 15 Oktober 2018.

Rinaldi mengatakan, pengurangan rute ini berdasarkan rekomendasi dari Asosiasi Balapsepeda International yang menyarankan rute dalam kota hanya sepanjang 7 kilometer.

"Kita berlebih sedikit, tapi tak apa-apa," ujarnya.

Selain itu, dibandingkan tahun sebelumnya, ikon Bukittinggi Jam Gadang juga tak bakal dilalui pebalap sebab saat ini Taman Pedestriannya tengah direnovasi. Satu lagi ikon, yakni Flyover Aur Kuning juga tak bakal dilewati.

Rute yang akan dilewati pebalap adalah start  dari Lapangan Kantin-Jalan Sudirman-Simpang DPRD-Jalan Panorama-Simpang Tembok-Banto Trade Center (BTC)-Simpang Mandiangin-Jalan Hamka-Jalan Sutan Syahrir-Jalan Hafid Jalil-Birugo Bungo-Simpang Capella-Jalan Sudirman- dianjutkan ke Kabupaten Sijunjung.

Hatta Rizal