Ini Solusi Meningkatkan Hasil Pertanian di Sawahlunto

"70 persen luas kota Sawahlunto merupakan areal pertanian"
Pelepasan Bibit Ikan di Desa Mandiri Pangan Kota Sawahlunto (Ist)

SAWAHLUNTO, KLIKPOSITIF - Sektor pertanian merupakan kunci utama dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Hal ini karena 70 persen luas kota Sawahlunto merupakan areal pertanian, yang menjadi sandaran perekonomian.

Walikota Sawahlunto Deri Asta mengatakan dari seluruh lahan pertanian hampir 40 persen lahan pertanian di Sawahluntomengharapkan sistem pengairan tadah hujan.

"Pemko Sawahlunto telah melakukan evaluasi. Dari hasil evaluasi tersebut terdapat beberapa faktor untuk mendorong peningkatan sektor pertanian. Mulai dengan optimalisasi penyuluh yang bertanggung jawab aktif turun bersama petani hingga penerapan teknologi tepat guna," katanya di Desa Kolok Nan Tuo, Kecamatan Barangin, Kota Sawahlunto saat acara Gerakan Optimalisasi Penyuluhan dan Peluncuran Desa Mandiri Pangan, Senin 15 Oktober 2018.

"Begitu banyak teknologi tepat guna yang bisa dimanfaatkan untuk memudahkan pelaksanaan pertanian dan turut meningkatkan produktifitas atas komoditas yang dikembangkan," tambahnya.

Gerakan optimalisasi penyuluhan sangat penting dan akan memiliki pengaruh terhadap sektor pertanian ke depan. Terakhir, Deri Asta melihat permasalahan permodalan juga menjadi faktor penting dalam memajukan pertanian.

“Hampir seluruh masyarakat yang berada di bawah garis kemiskinan di kota ini, terlilit tengkulak. Baik itu mereka yang bergerak sebagai pedagang, petani, maupun profesi lainnya,” tambah Deri Asta.

Sementara itu, Asisten Bidang Perekonomian Pemprov Sumbar, Benni Marlis mengatakan, dalam mengatasi permasalahan permodalan yang kerap melanda petani, dibutuhkan membangun diantaranya Lembaga Keuangan Mikro Agribisnis (LKMA), yang dapat menjadi jalan keluar dari permasalahan permodalan.

[Muhammad Haikal]