Pemkab Solok Minta Nagari Kembangkan Inovasi Desa untuk Kesejahteraan Masyarakat

"Program inovasi desa dirancang untuk memunculkan adanya inovasi dalam praktik pembangunan yang efektif dan tepat sasaran,"
Penampilan inovasi desa yang telah dikembangkan di berbagai nagari di kabupaten Solok (Syafriadi/KLIKPOSITIF)

SOLOK, KLIKPOSITIF -- Pemerintah Kabupaten Solok terus menggiatkan inovasi desa untuk mendorong percepatan penanggulangan kemiskinan di daerah.

Hal itu mencuat dalam bursa inovasi desa yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Solok melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Nagari (DPMN), Senin (15/10).

Pada kesempatan itu, Bupati Solok, H. Gusmal melalui Asisten Ekbangkesra Aliber Mulyadi, meminta agar pemerintah nagari dapat memanfaatkan dana desa dalam meningkatkan produktivitas nagari melalui inovasi desa.

"Program inovasi desa dirancang untuk memunculkan adanya inovasi dalam praktik pembangunan yang efektif dan tepat sasaran," sebut Aliber.

Lebih jauh Aliber berharap, dengan adanya program Inovasi Desa mampu merevitalisasi peran pendamping dalam mengembangkan potensi ekonomi lokal, pengembangan SDM serta infrastruktur.

Sementara itu, Kepala DPMN Kabupaten Solok, Medison menjelaskan, kegiatan bursa inovasi desa merupakan langkah solutif dalam meningkatkan kapasitas pembangunan perekonomian dan desa.

"Pemanfaatan dana desa harus tepat sasaran dan berdampak nyata terhadap pembangunan perekonomian masyarakat," sebut Medison.

[Syafriadi Puma]