Musim Penghujan, Waspada Longsor dan Pohon Tumbang di Jalinsum Pessel

"Penyebab longsor itu bukan hanya diakibatkan faktor hujan. Tapi, juga karena adanya pengerukan tebing bukit dan membuat tekstur tanah menjadi labil"
Jalan Lintas Sumatera di Pessel yang rawan longsor. (KLIKPOSITIF/Kiki Julnasri Priatama)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Musim penghujan yang diprediksi berakhir pada November mendatang membuat sejumlah ruas jalan Nasional di Kabupaten Pesisir Selatan dikhawatirkan longsor dan rawan pohon tumbang. Terlebih di kawasan Bukit Pulai, Kecamatan Batangkapas dan kawasan Bukit RCTI Painan serta Bukit Batu Tembak Panasahan Painan.

Pantauan KLIKPOSITIF, sejak hujan beberapa hari belakangan, sejumlah ruas Jalan Nasional di lokasi tersebut banyak tertimbun material longsor dan pohon tumbang. Terlihat di kawasan itu bekas material longsor dan pohon tumbang yang berserak di badan jalan.

"Sejak hujan, longsoran bukit sangat rawan. Apalagi di daerah Bukit Pulai, Bukit RCTI dan Bukit Batu Tembak. Itu kondisi tanah bukitnya sangat labil dan bisa saja sewaktu-waktu terjadi longsor karena hujan," jelas Andri (23), salah seorang pengendara motor pada KLIKPOSITIF.

Menurut Andri, pengaruh cuaca belakangan ini sangat mengganggu kenyamanan saat berkendara. Selain, faktor hujan tidak menentu, ditambah dengan banyaknya titik ruas jalan terjadi longsor.

"Ruas jalan yang longsor ini, mesti harus diperhatikan. Apalagi saat musim hujan, longsoran tanah bukit sangat sulit hindari. Karena memang faktor salah satu pemicu," jelas Andri (23), salah seorang pengendara pada KLIKPOSITIF.

Andri mengatakan, penyebab longsor itu bukan hanya diakibatkan faktor hujan. Tapi, juga karena adanya pengerukan tebing bukit dan membuat tekstur tanah menjadi labil. "Kalau bisa, selesai dikeruk harus diberi bronjong. Sebab, sedikit saja diguyur hujan sudah longsor," terangnya.

Menyikapi keselamatan pengendara berlalulintas, Kapolres Pessel, AKBP Ferry Herlambang mengingat pengendara agar selalu berhati-hati. Karena potensi hujan selain membuat jalan menjadi lincin. Tanah bukit yang biasa dilintasi pengendara juga rawan terhadap longsor.

"Saya mengimbau warga untuk selalu berhati-hati. Karena memang kondisi hujan ini jalan licin. Jadi mari ... Baca halaman selanjutnya