Ini yang Dilakukan Pemko Payakumbuh untuk Melindungi Hak Pilih Warganya

"Pemko Payakumbuh berupaya untuk memastikan seluruh warga yang sudah memiliki hak pilih sudah memiliki KTP-el"
Wawako Payakumbuh, Erwin Yunaz saat menghadiri #GMHP Kota Payakumbuh di Kantor Lurah Lunang, Kecamatan Payakumbuh Barat. (KLIKPOSITIF/Taufik Hidayat Kampai)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF -- Untuk memastikan seluruh warga Kota Payakumbuh menyalurkan hak pilihnya pada Pemilihan Umum (Pemilu) April 2019 nanti, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) rutin turun ke kelurahan untuk mendata warga yang belum memiliki Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el).

Wakil Wali Kota Payakumbuh, Erwin Yunaz yang ditemui KLIKPOSITIF usai menghadiri kegiatan Gerakan Melindungi Hak Pilih (#GMHP) yang dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Payakumbuh di Kantor Lurah Lunang, Kecamatan Payakumbuh Barat menyebut, berdasarkan data yang diterima dari Disdukcapil Kota Payakumbuh, sebagian besar penduduk Kota Batiah itu sudah memiliki KTP-el.

"Kita setiap hari rutin melakukan pembaharuan data masyarakat, baik itu ganti ktp ataupun pengecekan data masyarakat," kata Erwin Yunaz.

Kepemilikan KTP-el memang menjadi salah satu syarat bagi masyarakat untuk bisa menyalurkan hak pilih mereka pada Pemilu 2019 nanti. Karena itu, Pemko Payakumbuh berupaya untuk memastikan seluruh warga yang sudah memiliki hak pilih sudah memiliki KTP-el.

"Dari petugas Disdukcapil selalu turun langsung ke kelurahan untuk mendata langsung warga dan memastikan warga kita sudah memiliki KTP-el," jelas Erwin Yunaz.

#GMHP sendiri menurut Erwin Yunaz adalah sebuah gerakan yang perlu difasilitasi oleh kepala daerah. Dan melalui gerakan ini, Pemko Payakumbuh ingin berupaya maksimal untuk memastikan seluruh warganya bisa menyalurkan hak konstitusional.

"Gerakan ini harus dimulai dari kepala daerah, ini bentuk keseriusan Kota Payakumbuh dalam melindungi hak pilih,” katanya.

“Sesuai dengan apa yang disampaikan Ketua KPU dan Bawaslu Kota Payakumbuh, bahwasannya kota kita adalah barometer untuk kegiatan patuh dan taat pada aturannya. Tentu melalui kegiatan ini kami berharap jumlah pemilih di Kota Payakumbuh bisa ... Baca halaman selanjutnya