Musim Hujan, Penyelenggara TdS Akan Libatkan Tim Sweeping Jalan

"Rencananya BPBD akan dilibat untuk memastikan jalanan aman sebelum balapan "
Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata Sumbar, Didit P. Santoso, (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir)

 

PADANG, KLIKPOSITIF - Mengantisipasi terjadinya gangguan saat pelaksanaan Tour de Singkarak 2018, Dinas Pariwisata Sumbar akan melibatkan tim untuk sweeping jalan. Pasalnya penyelenggaraan bertepatan dengan musim hujan.

"Inikan bertepatan dengan musim hujan jadi kita perlu waspada. Rencananya kita akan libatkan BPBD untuk memastikan jalan aman untuk dilakukan sebelum pembalap bertanding," kata Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata Sumbar, Didit P. Santoso, Kamis, 18 Oktober 2018 di Padang.

Tim sweeping akan membersihkan jalan menggunakan peralatan berupa alat berat jika terjadi longsor, atau gangguan lain seperti pohon tumbang yang menghambat jalan. Selain itu menurutnya, musim hujan menjadi tantangan bagi penyelenggara mastikan jalan pada setiap etape aman dari hambatan seperti banjir longsor, dan pohon tumbang ke jalan.

"Ini tantangan untuk kita, kalau malamnya hujan lebat, seperti tahun sebelumnya di kelok 44, ada yang menghalangi jalan menjadi penghambat balapan," ujarnya.

Kondisi geografis dan keunikan alam Sumbar dari satu sisi bagus untuk trek namun di sisi lain juga tantangan dalam penyelenggaraan ajang balap sepeda. Didit berharap selama pelaksanaan berlangsung tidak terjadi kendala berarti yang bersumber dari keadaan alam.

Sementara Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Minangkabau memprakirakan, sebagian besar wilayah Sumatera Barat diguyur hujan deras dan cukup lama hingga pertengahan November 2018.

Wilayah-wilayah itu, antara lain Pesisir Selatan, Padang, Padang Pariaman, Agam, Pasaman Barat, Bukitinggi, Limapuluh Kota hingga Solok dan Solok Selatan. Hujan diperkirakan terjadi dalam durasi tiga-empat jam.

Kondisi cuaca seperti itu, menurut BMKG, karena kecenderungan peningkatan curah hujan akibat pola sirkulasi tekanan rendah di wilayah Kepulauan Mentawai. Sirkulasi tekanan rendah itulah yang memicu hujan di wilayah pesisir Sumatera ... Baca halaman selanjutnya