ACT Sumbar Lepas Keberangkatan 30 Ton Bantuan untuk Palu dan Donggala

"bantuan tersebut berisi berbagai macam jenis bantuan sesuai dengan yang dibutuhkan oleh korban bencana saat ini di Palu dan Donggala seperti makanan siap saji, pakaian baru, popok bayi, beras dan bantuan lainnya"
Pelepasan bantuan dari ACT Sumbar yang akan berangkat menuju Medan untuk diantarkan ke daerah terdampak bencana Palu dan Donggala (KLIKPOSITIF)

PADANG, KLIKPOSITIF - Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sumatera Barat melepas keberangkatan truk berisi 30 ton bantuan menuju Medan untuk korban bencana Palu dan Donggala siang tadi (18/10). Nantinya bantuan tersebut akan dikirim melalui Medan bersama dengan bantuan lainnya dari Provinsi lainnya seperti Aceh, Riau, Jambi dan beberapa Provinsi lainnya di Sumatera.

Pada kesempatan tersebut, Kepala ACT Sumatera Barat Fadhli Septiavinra mengungkapkan bahwa bantuan yang dilepas tersebut merupakan bantuan yang terkumpul dari masyarakat Sumatera Barat yang telah dikumpulkan dalam waktu 2 minggu.

"Kita turut merasa sedih mengetahui saudara kita di Sulawesi Tengah mendapat bencana yang menelan korban jiwa hingga ribuan korban meninggal, ribuan orang hilang dan ratusan ribu orang mengungsi. Ini merupakan bantuan ketiga yang dikirimkan oleh ACT Padang. Bantuan pertama itu dikirim melalui Surabaya, bantuan kedua itu dari Jakarta dan bantuan ketiga ini Sumatera yang dikirimkan melalui Medan," ujar Fadhli Septiavinra pada saat acara pelepasan bantuan ACT Sumbar.

Ia mengungkapkan, bantuan tersebut berisi berbagai macam jenis bantuan sesuai dengan yang dibutuhkan oleh korban bencana saat ini di Palu dan Donggala seperti makanan siap saji, pakaian baru, popok bayi, beras dan bantuan lainnya.

"Bahkan bantuan yang kami kirimkan itu ada berupa makanan khas dari Minangkabau seperti kerupuk sanjai, rendang dan lainnya. Selain bantuan dari masyarakat Sumbar, bantuan itu juga berasal dari BPBD Sumbar, Dinas Sosial dan berbagai kalangan lainnya sehingga bisa mencapai lebih kurang 30 ton," ujar Fadhli.

Di sisi lain ia mengungkapkan, selain bantuan logistik yang dikirimkan, ada juga bantuan uang yang diterima oleh ACT Padang dari masyakarat Sumbar yang jumlahnya mencapai Rp1,5 Milyar sehingga bantuan tersebut dapat dipergunakan sesuai dengan kebutuhan.

Pada kesempatan itu, turut hadir juga Camat Padang Utara, Edhityawarman yang hadir ... Baca halaman selanjutnya