Menyedihkan, Buruh Tani di Limapuluh Kota Ini Menderita Kanker Ganas

"Penyakit ini mulai mengidap Yusman semenjak dua tahun lalu"
Kondisi Yusman yang sangat memprihatinkan (Istimewa)

LIMAPULUH KOTA, KLIKPOSITIF -- Malang tak dapat ditolak, mujur tak dapat diraih. Hal inilah yang dirasakan Yusman (60), seorang buruh tani warga Jorong Kapalo Koto, Nagari Koto Tangah Simalangang, Kecamatan Payakumbuh, Kabupaten Limapuluh Kota-Sumbar.

Ia menderita kanker ganas pada hidung dan pipi ini sejak dua tahun lalu sehingga terpaksa terbaring lemas di rumahnya tanpa penanganan medis. Namun kabar terkait penyakit kronis yang diderita Yusman pun beredar di media sosial WhatsApp Group (WAG) sehingga banyak menyulut keprihatinan masyarakat.

Menurut keterangan pihak keluarga, Arina Wilda (42), warga Koto Tangah Simalanggang, Kamis 18 Oktober 2018 siang, penyakit yang diderita Yusman sudah berlangsung sejak dua tahun belakangan. Ia menjelaskan bahwa Yusman mulanya merasakan gejala sakit akibat ada pembengkakan seperti benjolan kecil di dalam rongga hidung.

“Kira-kira sejak pertengahan 2016 lalu mulai sakit. Mulanya hanya benjolan kecil, tapi lama-kelamaan semakin membesar. Mamak saya, tiap hari mengeluhkan sakitnya itu, hingga menjalar ke beberapa bagian wajah,” kata Arina yang sehari-hari berprofesi ibu rumah tanngga.

Beberapa bulan kemudian, pembengkakan di rongga hidung Yusman semakin membesar. Untuk mengobati dan memberikan penanganan medis bagi Yusman, pihak keluarga sempat membawanya ke RSUD Achmad Darwis di Suliki.

Menurutnya pengobatan tersebut hanya dengan biaya patungan keluarga, mengingat kartu BPJS Yusman kala itu sedang tidak aktif. Kemudian Pemerintah Nagari Koto Tangah Simalanggang, bersama usur masyarakat yang peduli telah memberi bantuan alakadarnya, serta mengurus administrasi penjaminan kesehatan untuk meringankan biaya berobat.

“Mamak saya, sempat menjalani operasi dua kali, dengan membuang benjolan di dalam hidung dan pipinya. Tapi, setelah dioperasi terjadi lagi pembengkakan, sampai membesar seperti ini,” ujarnya.

Menurut keterangan ... Baca halaman selanjutnya