Buruh Tani Derita Kanker Ganas, Ini Komentar Wabup Limapuluh Kota

"Wabup Limapuluh Kota sangat prihatin dengan kondisi Yusman"
Wabup Limapuluh Kota Ferizal Ridwan prihatin dengan kondisi Yusman (Istimewa)

LIMAPULUH KOTA, KLIKPOSITIF -- Wakil Bupati (wabup) Limapuluh Kota Ferizal Ridwan sangat prihatin dengan kondisi Yusman (60), warga Koto Tangah Simalanggang, yang menderita kanker ganas.

Baca : Menyedihkan, Buruh Tani di Limapuluh Kota Ini Menderita Kanker Ganas

Wakil Bupati yang akrab disapa Buya Feri ini menjelaskan, pada Rabu 17 Oktober 2018 malam sekitar pukul 21.00 WIB, pihaknya sudah menindaklanjuti laporan masyarakat dengan menghubungi pihak Rumah Sakit Ahmad Darwis Suliki hingga Dinas Kesehatan.

Namun dikatakannya, waktu itu para pejabat di instansi kesehatan tersebut tidak bisa membawa pasien, dengan alasan tidak bisa ditangani di RSUD.

“Tadi malam, saya membawa warga tersebut ke RSUD Ahmad Darwis, dengan mobil ambulance Nagari Batu Bolang. Sekarang sudah ditangani di RSUD,” kata Buya Feri.

Terkait upaya medis dan biaya pengobatan, Buya menyebut pihaknya tengah membicarakan dengan dinas terkait untuk mengupayakan pembiayaan melalui jaminan kesehatan atau jaminan sosial. Ia juga meminta tegas, agar Pemerintah Daerah dalam hal ini Dinas Kesehatan dapat memfasilitasi biaya pengobatan bagi Yusman.

“Saya minta Rumah Sakit maupun Dinkes, menindaklanjuti karena ini persoalan kemanusiaan. Saya tak mau dengar alasan apa pun, jangan sampai ada warga kita yang terlantar karena tak punya biaya untuk berobat. Kita kan Kabupaten Sehat dan Ramah Anak. Kalau rumah sakit atau Dinas tak mau mengurusnya, silahkan antarkan pasien tersebut ke rumah dinas wakil bupati,” kata Ferizal Ridwan.

[Ade Suhendra]