Sinergi BUMN Sudah Salurkan Rp57 Miliar untuk Korban Bencana Sulteng

"Bantuan tersebut disalurkan dalam berbagai bentuk."
Salah satu bantuan sinergi BUMN. (Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Hingga Kamis (18/10) total bantuan yang sudah disalurkan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) telah menyalurkan sekitar Rp57 miliar pada korban gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah. Bantuan tersebut berasal dari 28 badan usaha dalam bentuk Bantuan Sosial Sinergi BUMN.

BUMN itu yakni, Telkom, BRI, Mandiri, BTN, PLN, Pupuk Indonesia, Bandha Gara Reksa, Taspen, Adhi Karya, Hutama Karya, Bukit Asam, Pertamina, Wijaya Karya, BNI 46, TWC, Angkasa Pura I, Jamkrindo, PTPN Holding, Surveyor Indonesia, PT KAI, Pelindo I, Pelindo II, Pelindo III, Pelindo III, Semen Baturaja, INKA, Dahana, PT PAL, Pindad dan HIN.

Bantuan tersebut disalurkan dalam berbagai bentuk. Diantaranya, bantuan langsung dan kebutuhan korban bencana. Selain itu juga infrastruktur sementara. Terakhirnya, BUMN mulai bersinergi membangun Rumah Ramah Gempa (RRG).

Deputi Bidang Infrastruktur Bisnis Kementerian BUMN Hambra Samal mengatakan, untuk tahap awal PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk dan PT Bank Mandiri (Persero) membangun sebanyak 400 unit RRG di Desa Lolu dan Desa Sibalaya yang terletak di Kabupaten Sigi.

"Hasil peninjauan Menteri BUMN Ibu Rini Soemarno ke lokasi, diketahui masyarakat sangat memerlukan hunian yang layak untuk berlindung serta fasilitas MCK, air bersih dan lainnya. Maka dari itu, BNI dan Mandiri bergerak cepat dalam menyediakan kebutuhan tersebut," kata Hambra.

Hambra menambahkan, selain membangun hunian sementara, sinergi BUMN juga turut membangunkan toilet dan sarana air bersih dibeberapa tempat guna memenuhi kebutuhan dasar para korban.

Selain itu, lanjut Hambra, layanan BUMN pada sektor energi (listrik dan BBM), telekomunikasi dan perbankan di Sulawesi Tengah juga telah pulih kembali. PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) misalnya, telah berhasil memulihkan kembali sistem kelistrikan di 21 titik perekonomian yang ada di sejumlah wilayah Sulawesi Tengah yang terdampak bencana gempa dan ... Baca halaman selanjutnya