Irigasi Jebol, 200 Hektare Sawah di Pessel Terendam Banjir

"Perbaikan tebing saluran irigasi di kampung ini sangat dibutuhkan petani"
Dampak irigasi yang jebol di Kampung Air Terjun (KLIKPOSITIF/Kiki Julnasri)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Petani di Kampung Air Terjun, Nagari Pasar Taratak, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat terancam tidak turun ke sawah akibat lambannya penanganan tebing saluran irigasi yang jebol di daerah ini.

Pantauan KLIKPOSITIF, tebing saluran irigasi di kampung ini jebol diperkirakan mencapai 15 meter lebih, dan belum terbangun permanen. Akibatnya, debit air yang masuk ke sawah petani tidak terkontrol dan membuat lahan sawah menjadi kebanjiran.

Wali Nagari Pasar Taratak, Sakban menyebutkan, rusaknya tebing saluran irigasi di kampung terjadi akibat tingginya curah hujan beberapa bulan belakangan ini. Selain belum terbangun permanen, hiliran saluran air irigasi juga terjadi penyumbatan akibat semak-semak yang tumbuh di sekitar saluran irigasi.

"Karena tidak kuat menampung air hujan, jebol. Hingganya, air yang masuk ke sawah petani tidak terkontrol dan membuat sawah kebanjiran," sebut Sakban saat dihubungi KLIKPOSITIF, Kamis 18 Oktober 2018.

Dia menjelaskan, perbaikan tebing saluran irigasi di kampung ini sangat dibutuhkan petani. Sebab, sawah yang terdampak irigasi tersebut hampir mencapi sekitar 200 hektare dan tidak bisa dilakukan penyemaian.

"Dampak saat ini, tidak bisa dilakukan penyemaian padi. Karena sekitar 200 hektar sawah petani, dengan kondisi kelebihan debit air," jelasnya.

Menyikapi kondisi ini, Nagari Pasar Taratak sudah merancang proposal untuk bisa secepatnya ditangani kabupaten, karena memang untuk penangan saluran irigasi harus ditangani pemerintah kabupaten.

"Selain mempersiapkan proposal ke PSDA kabupaten. Kita akan mencoba bergotong royong untuk memperbaiki. Semoga cepat teratasi dan tidak lama menghambat petani untuk turun ke sawah," terangnya.

Selain Wali Nagari, Ketua Pemuda Nagari Pasar Taratak, Dodi Saputra berharap kondisi tebing irigasi yang jebol bisa teratasi dengan cepat. Kerena memang, rata-rata masyarakat di kampung ... Baca halaman selanjutnya