Ini yang Dilakukan LPKA Limapuluh Kota Agar Warganya Bisa Gunakan Hak Pilih

"Disana banyak warga binaan yang sudah masuk usia pemilih"
Kepala Seksi Registrasi dan Klasifikasi LPKA Klas II Tanjung Pati, Agusman (KLIKPOSITIF/Taufik Hidayat Kampai)

LIMAPULUH KOTA, KLIKPOSITIF -- Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Klas II Tanjung Pati, Kabupaten Limapuluh Kota mengumpulkan sejumlah KTP warga binaannya supaya bisa ikut menggunakan hak pilih pada Pemilu 2019 nanti.

Langkah tersebut dilakukan atas surat dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Limapuluh Kota terkait tidak adanya warga binaan di lembaga tersebut yang memenuhi syarat sesuai dengan PKPU, walaupun di sana banyak warga binaan yang sudah masuk usia pemilih.

Berdasarkan data di LPKA Klas II Tanjung Pati tersebut, tedapat sebanyak 90 warga binaan perempuan yang sudah memiliki hak suara dan juga empat warga binaan anak-anak yang sudah memasuki usia dewasa.

Hal itu disampaikan Kepala Seksi Registrasi dan Klasifikasi LPKA Klas II Tanjung Pati, Agusman saat ditemui KLIKPOSITIF, Jumat 19 Oktober 2018.

"Dari surat yang kami terima dari KPU, daftar pemilih di LPKA ini nihil," kata pria akrab disapa Agus itu sambil menunjukkan surat yang diterimanya dari KPU Kabupaten Limapuluh Kota.

Dalam surat dengan nomor 504/PP.05.1 -SD/1307/KPU-Kab/IIX/2018 dijelaskan, bahwasannya di LPKA Klas II tidak ada pemilih yang memenuhi syarat.

Menanggapi surat dari KPU Kabupaten Limapuluh Kota itu, pihak LPKA melakukan koordinasi dengan warga binaan mereka.

Dari situ mereka terus melakukan koordinasi dengan KPU, dari situ diambil kebijakan bahwa pihak LPKA akan melakukan pendataan dengan mengumpulkan KTP seluruh warga binaan yang memang sudah memiliki hak pilih secara usia.

"Nanti kami akan mengumpulkan KTP warga binaan di sini, nanti silahkan KPU yang mengolah data tersebut terkait hak pilih mereka," jelasnya.

Menurut Agus, pihaknya terus berupaya agar warga binaan LPKA tetap mendapatkan hak pilihnya.

"Kami tidak mau dipersalahkan nantinya oleh warga binaan. Karena itu, kami selalu sosialisasikan kepada seluruh warga binaan. Untuk warga binaan di sini, mereka cukup antusias ... Baca halaman selanjutnya