Aktivis Perempuan, Edriana: Pentingnya Perempuan Ikut Aktif Gerakkan Perekonomian

"Potensi perempuan dalam berkontribusi terhadap perekonomian sangat besar"
Ilustrasi (Net)

PADANG, KLIKPOSITIF - Perempuan banyak memiliki nilai penting dalam berbagai aspek. Tidak hanya kaku dan fokus menjadi ibu rumah tangga dan mengurus anak-anaknya, seiring perkembangan zaman perempuan juga dituntut aktif berkecimpung dalam berbagai bidang, politik, perekonomian dan lainnya.

Potensi perempuan dalam berkontribusi terhadap perekonomian sangat besar. Saat ini, peran wanita telah bergeser dari peran tradisional menjadi modern. Dari hanya memiliki peran tradisional untuk melahirkan anak (reproduksi) dan mengurus rumah tangga, kini wanita memiliki peran sosial dimana dapat berkarir dalam ekonomi, sosial, keluarga maupun politik dengan didukung pendidikan yang tinggi.

Di bidang ekonomi misalnya, keterlibatan wanita dalam kegiatan ekonomi mengalami perubahan dan peningkatan yang cukup dramatis. Wanita tidak lagi tergantung penuh terhadap suaminya dalam memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga, wanita sudah mulai memikirkan pendapatan pribadinya sebagai bentuk peduli materi atas kelangsungan hidup sebuah keluarga. Begitu juga peran wanita dalam bidang politik telah menjadi fenomena yang tidak kalah menarik dengan fenomena terjunnya wanita dalam dunia bisnis. Bahkan muncul opini bahwa untuk kemajuan ekonomi bangsa dan kesejahteraan seluruh masyarakat, peluang dan akses perempuan untuk berkiprah dalam dunia ekonomi harus dibuka seluas-luasnya

Di Minangkabau sendiri, perempuan minang dikenal sebagai perempuan yang aktif. Mungkin pada zaman dahulu, perempuan yang aktif kegiatannya hanya berkisar pada kerumahtanggaan, tapi pada saat sekarang tentu hal itu dapat dialihkan pada kegiatan untuk memajukan kehidupan. Tak jarang saat ini ditemukan perempuan yang berhasil menggerakkan perekonomian dalam berbagai bidang.

"Perempuan minang yang aktif diharapkan bisa melakukan aktivitas-aktivitas ekonomi yang bisa menambah penghasilan untuk keluarganya, terutama perempuan yang hidup dengan ekonomi terbatas tentu hal itu akan ... Baca halaman selanjutnya