Empat Tahun Jokowi - JK, Membangun Tanah Air Versi Darmin Nasution

"dalam strategi pembangunan, Jokowi - JK seimbang mengerjakan sisi suplai (supply side) dan sisi permintaan ‎(demand side)."
Presiden RI Joko Widodo (Net)

KLIKPOSITIF -- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution membandingkan ‎strategi pembangunan pemerintahan Jokowi dan Jusuf Kalla dengan pemerintahan sebelumnya. Menurut dia, strategi pembangunan pemerintahan Jokowi - JK lebih baik.

Dia menerangkan, dalam strategi pembangunan, Jokowi - JK seimbang mengerjakan sisi suplai (supply side) dan sisi permintaan ‎(demand side).

Supply side itu berfokus kepada kebijakan moneter dan fiskal. Sedangkan, demand side berfokus pada pembangunan infrastruktur, sumber daya manusia (SDM), dan pertanahan.

"‎Kalau seimbang, kemajuan ekonomi suatu bangsa terwujud dalam apa yang disebut transformasi struktural, transformasi ekonomi," ujar Darmin dalam konferensi pers di Kantor Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Selasa (23/10/2018).

Selain itu, lanjut Darmin, pemerintahan Jokowi - JK juga melaksanakan pendidikan vokasi. Artinya, pelajar juga tidak hanya sekolah mengejar ijazah, tetapi mempunyai keahlian dan siap untuk terjun ke dunia kerja.

"‎Kami sudah siap melaksanakannya, mulai dari perubahan kurikulum sampai metode belajar mengajarnya. Kita tidak lagi sekadar mengandalkan ijazah," imbuhnya.

"‎Tahun-tahun berikutnya sudah lebih siap menyambut transformasi ekonomi. Petani di pedesaan bisa bergerak lebih komersial dan lebih menguntungkan karena ada infrastruktur," Darmin menambahkan. (*)