Bawaslu Pessel Copot Puluhan APK Tak Berizin

"Rata-rata sejumlah APK itu terpasang di pepohonan dan rumah warga"
Bawaslu Pessel copot pemasangan APK yang tak berizin. (KLIKPOSITIF/Kiki Julnasri Priatama)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Tim gabungan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat menggelar penertiban sejumlah alat peraga kampanye (APK) serentak di daerah tersebut, Selasa 23 Oktober 2018. Rata-rata sejumlah APK itu terpasang di pepohonan dan rumah warga.

Pantauan KLIKPOSITIF, sejumlah APK yang terdapat di wilayah Panwascam Kecamatan Batangkapas itu ditertibkan tim gabungan Satpol PP, TNI dan Polri karena diduga melanggar. Bahkan, sejumlah baliho dan spanduk yang terpasang di rumah-rumah warga ikut dicopot karena tidak jelas izinnya.

"Hari ini, Bawaslu, Panwascam bersama Pol PP, TNI dan Polisi menertibkan APK yang tidak sesuai ketentuan KPU. Mulai dari ukuran kecil sampai besar kita tertibkan sesuai aturan," jelas Ketua Panwascam Batangkapas, Yosmarlina Wati saat ditemui KLIKPOSITIF.

Dia menjelaskan, untuk wilayah Batangkapas terdapat sebanyak 18 zona dengan 9 nagari yang dipatok sebagai zona pemasangan. Dari zona tersebut, tim Bawaslu mengecek dan meninjau APK yang terpasang.

"Pemasangan APK di tempat umum, seperti sekolah, tempat ibadah dan pohon-pohon kita tertibkan. Jika di rumah warga kita tanya izinnya, jika tidak ada izin kita copot," terangnya.

Sebelumnya, Bawaslu Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat akan menertibkan sejumlah APK dalam bentuk spanduk dan baliho yang tidak sesuai dengan aturan.Penertiban APK tersebut dilakukan sesuai dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) nomor 23 tahun 2018 tentang Kampanye Pemilihan Umum.

[Kiki Julnasri Priatama]