Parkir di Depan RSUD Lubuk Sikaping, Puluhan Sepeda Motor Ditertibkan

"Puluhan kendaraan roda dua tersebut langsung dipindahkan parkir di samping rumah sakit, "
Kanit Turjawali Polres Pasaman, Ipda. Yeni Brando bersama personil menertibkan kendaraan salah parkir. (Ist)

PASAMAN, KLIKPOSITIF -- Puluhan sepeda motor ditertibkan Satlantas Polres Pasaman-Sumbar dari lokasi larangan parkir depan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lubuk Sikaping, Rabu 24 Oktober 2018.

Puluhan kendaraan itu merupakan milik pengunjung atau keluarga pasien rumah sakit yang dirawat inap. Kendaraan tersebut memakai badan jalan.

"Ya benar, ada puluhan kendaraan yang melanggar aturan parkir di lokasi yang dilarang. Makanya kita tertibkan," kata Kanit Turjawali Satlantas Polres Pasaman, Ipda. Yeni Brando pada KLIKPOSITIF, Rabu pagi.

Menurut Brando, disepanjang jalan depan RSUD dilarang parkir. Sebelumnya, lokasi tersebut sudah tertib dari kendaraan roda empat, namun dua hari terakhir muncul lagi puluhan kendaraan roda dua.

"Selain merusak pemandangan, akibat parkir itu juga rawan kecelakaan. Karena jalan jadi sempit sehingga menyulitkan pengguna jalan," katanya.

Puluhan kendaraan roda dua tersebut langsung dipindahkan parkir di samping rumah sakit, tepatnya di halaman perpustakaan daerah. Sehingga tidak menganggu pengguna jalan.

Dijelaskan Brando, lokasi tersebut adalah Kawasan Tertib Lalulintas (KTL) dan ada dipasang rambu-rambu dilarang parkir. Kalau tidak diindahkan juga makan ada sanksinya terhadap pemilik kendaraan.

Sesuai UU Lalulintas dan Angkutan Jalan nomor 22 Tahun 2009 pasal 287 (1) jo pasal 106 (4) huruf a dan b. Yang intinya melanggar perintah atau aturan yang dinyatakan dengan alat pemberitahuan isyarat lalu lintas maka diberi sanksi atau denda Rp500 ribu.

[Man St Pambangun]