Belasan Alumni Datangi Kampus UIN Imam Bonjol Padang, Ini Tuntutannya...

"Mediasi alumni dengan pejabat UIN Imam Bonjol Padang dilakukan di ruang pertemuan Fakultas Adab"
Foto bersama usai mediasi antara alumni dengan petinggi kampus (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Ternyata persoalan ijazah alumni IAIN Imam Bonjol Padang (sekarang UIN Iman Bonjol Padang) belum tuntas. Pagi tadi, belasan alumni jurusan Bahasa dan Sastra Inggris Fakultas Adab IAIN Imam Bonjol Padang menuntut pihak kampus mengurus legalitas jurusan dan ijazah mereka.

Pasalnya ratusan dari alumni jurusan Sastra Inggris tersebut tidak bisa mengikuti beberapa seleksi, baik CPNS maupun lowongan swasta.

Tuntutan itu mereka sampaikan saat melakukan mediasi dengan pejabat di UIN Imam Bonjol Padang di ruang pertemuan Fakultas Adab, Kamis, 25 Oktober 2018.

"Ada sebagian kawan-kawan kami saat mendaftar di salah satu perusahaan ditolak karena jurusan tidak terakreditasi," ungkap Koordinator alumni Irsyad Sabri.

Dijelaskannya, kendala mereka selalu soal jurusan yang tidak terdaftar di Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) dan ijazahnya belum terdaftar di Forlap Dikti.

"Untuk seleksi CPNS tahun ini sudah habis harapan kami. Hari ini kami datang agar tahun depan tidak seperti ini lagi kasusnya, teman-teman alumni BSI tidak bisa mengikuti seleksi," jelas alumni 2010 tersebut.

Diterangkan dari mediasi tersebut ada beberapa hal yang telah mendapatkan jawaban dari pihak kampus seperti akreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BanPT) sudah tidak perlu lagi karena sudah ada surat dari BANPT yang memutuskan program studi yang dibuka sebelum 10 Agustus 2012 dinyatakan terakreditasi sampai sampai 13 Mei 2018. Itu artinya persoalan akreditasi tuntas.

"Namun persoalan terdaftar di foorlap dikti sedang diusahakan pihak kampus. Kami akan tunggu hasilnya" ungkapnya usai mengikuti mediasi.

Wakil Rektor (WR) I Bidang Akademik dan Kelembagaan, Hetti Waluati menjelaskan, pihaknya akan terus melakukan komunikasi dengan Kemenristek Dikti soal ijazah alumni yang tidak terdaftar tersebut.

"Kami terus lakukan komunikasi ... Baca halaman selanjutnya