Lion Air Jatuh, Jokowi: Saat Ini Fokus Pencarian

"Ia meminta agar Basarnas bisa melakukan pencarian secepat-cepatnya"
Ilustrasi (Net)

NASIONAL, KLIKPOSITIF -- Presiden Joko Widodo menyampaikan komentar singkatnya menanggapi tragedi jatuhnya pesawat Lion Air JT610 di perairan Tanjung Karawang, Senin 29 Oktober 2018 pagi.

Dalam sebuah konferensi pers, ia mengatakan bahwa saat ini Basarnas fokus ke pencarian korban yang ada di perairan.

Ia meminta agar Basarnas bisa melakukan pencarian secepat-cepatnya dan menyampaikan hasil kerja yang berkesinambungan pada masyarakat.

"Pencarian secepat-cepatnya. kita lakukan upaya terbaik untuk menyelamatkan korban, dan berharap korban bisa ditemukan," katanya.

Di sisi lain, ia juga meminta agar Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) juga melakukan penyelidikan penyebab kecelakaan pesawat tersebut secepat-cepatnya.

"KNKT lakukan penyelidikan dan segera sampaikan hasilnya dengan cepat," ujar dia.

Diketahui, saat ini proses pencarian korban jatuhnya pesawat masih berlangsung di perairan Tanjung Karawang. Di sana, Basarnas menurunkan sekitar 150 orang personel yang kemudian dibantu oleh 150 orang dari TNI dan Polri.

Pencarian korban saat ini terfokus di dasar laut yang memiliki kedalaman sekitar 30 hingga 35 meter. Untuk mendukung pencarian di kedalaman laut, Basarnas menurunkan sekitar 30 orang penyelam.

Sejauh ini, hasil pencarian sudah membuahkan hasil, yakni dengan ditemukannya puing-puing dan identitas milik penumpang pesawat itu.

Sekitar pukul 13:30 WIB, kami mendapatkan informasi bahwa Basarnas sudah menemukan satu orang korban, namun informasi itu belum terkonfirmasi dengan rinci.(*)