Ilmuwan Ungkap Berapa Lama Orang Bertahan di Dalam Air

"Penelitian telah mengungkapkan bahwa orang-orang yang duduk di belakang sayap memiliki peluang 40 persen lebih besar untuk bertahan hidup daripada penumpang di bagian depan pesawat, dan kursi di dekat lorong keluar adalah yang paling aman."
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF -- Pesawat Lion Air JT 610 dipastikan jatuh di sekitaran perairan Tajung Karawang,Jawa Barat. Jatuhnya pesawat ke dalam air, menimbulkan prediksi berapa lama para penumpang dan para awak dapat bertahan di wilayah perairan?

Para ahli telah mencatat bahwa ada beberapa hal yang dapat dilakukan penumpang untuk meningkatkan peluang mereka bertahan hidup, seperti memakai sepatu dan pakaian yang tepat.

"Bayangkan harus melarikan diri dari pesawat yang terbakar," Cynthia Corbett, seorang spesialis faktor manusia di Federal Aviation Administration (FAA), mengatakan kepada WebMD.

"Jika Anda harus melakukan itu, seberapa baik flip-flop Anda akan tampil? Seberapa baik sepatu hak tinggi Anda akan tampil?"

Penelitian telah mengungkapkan bahwa orang-orang yang duduk di belakang sayap memiliki peluang 40 persen lebih besar untuk bertahan hidup daripada penumpang di bagian depan pesawat, dan kursi di dekat lorong keluar adalah yang paling aman.

90 detik pertama setelah kecelakaan adalah yang paling penting - jika Anda dapat tetap tenang dan keluar dari pesawat dengan cepat, peluang Anda untuk bertahan hidup jauh lebih besar.

Beberapa penumpang berada dalam keadaan panik, sehingga mereka tidak dapat melepaskan sabuk pengaman mereka. Laporan NTSB telah menemukan bahwa banyak korban kecelakaan ditemukan di kursi mereka dengan sabuk pengaman mereka masih tertekuk.

"Itu sebabnya penting untuk mengetahui apa yang harus dilakukan, bahkan tanpa perintah," Corbett mengatakan kepada WebMD.

"Beberapa orang duduk dan menunggu perintah, dan jika mereka tidak mendengar apa-apa, maka mereka duduk tepat di tengah bencana."

Setiap kecelakaan pesawat di atas lautan, menyajikan keadaan khusus. Pada dasarnya, setiap yang selamat akan dihadapkan dengan tetap hidup di laut, baik di perahu karet atau di perairan terbuka.

Sebuah perahu karet akan sangat meningkatkan kemungkinan seseorang untuk ... Baca halaman selanjutnya