Menhub Jelaskan Hal Ini Terkait Status Pesawat Lion Air JT-610

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF -- Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa pesawat Lion Air JT-610 dengan rute penerbangan Jakarta-Pangkal Pinang telah dinyatakan laik terbang, hal tersebut disampaikan Menhub Budi Karya, Selasa (30/10).

Pesawat layak terbang dan sudah memenuhi proses dari kelaikan untuk terbang, baik yang dilakukan pada saat awal pesawat ini mendapat sertifikasi baik produk maupun bagian-bagiannya dan diikuti dengan suatu proses-proses inspeksi yang telah dilakukan terhadap pesawat tersebut” ucap Menhub Budi Karya.

baca juga: Pemerintah Siap Operasikan Tol untuk Dukung Perbaikan Ekonomi

Menhub juga menjelaskan bahwa sertifikat -sertifikat pesawat Lion Air JT-610 masih valid dan memenuhi persyaratan untuk dapat terbang.

“Dengan mengacu kepada data - data yang ada, proses pemberian Certificate of Airworthiness dan Certificate of Registration kami lakukan dengan mengacu kepada persyaratan keselamatan penerbangan yang berlaku. Hingga hari kejadian, dokumen-dokumen dimaksud dinyatakan masih valid,” kata Menhub Budi Karya.

baca juga: Mulyanto Minta Konfirmasi Dugaan Adanya Kartel Harga BBM

Lebih lanjut Menhub mengatakan dalam masa berlakunya Certificate of Registration ada suatu proses yang harus dikerjakan pihak operator ( Lion Air ) berkaitan dengan kelaikan pesawat terbang yang mengacu pada prosedur dari Direktorat Jenderal Perhubungan Udara seperti perawatan berkala dan lain lain.

“Dalam masa itu memang ada suatu poses yang harus dikerjakan oleh operator berkaitan dengan kelaikan udara masing-masing pesawat dan itu mengacu kepada prosedur yang ditetapkan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Udara” ujar Menhub Budi Karya. (*)

baca juga: Kemendikbud Disarankan Buka Sekolah Secara Bertahap

Penulis: Eko Fajri