Ada Spanduk Caleg Dekat Kabel Listrik, Ini yang Dilakukan PLN UP3 Payakumbuh

"Ada 3 wilayah PLN UP3 Payakumbuh, diantaranya Payakumbuh, Limapuluh Kota dan Tanah Datar"
Pejabat Pelaksana K2/K3 PLN UP3 Payakumbuh, Rudi Junaidi (Istimewa)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF -- Mulai maraknya spanduk dan baliho yang dipasang partai politik (parpol) ataupun calon legislatif (caleg) yang akan bertarung pada pemilihan umum (pemilu) 2019 nanti memunculkan kekhawatiran dari PLN UP3 Payakumbuh.

Kekhawatiran tersebut muncul karena diantara baliho ataupun spanduk yang dipasang parpol dan caleg tersebut ada yang terlalu dekat dengan kabel listrik yang membentang di daerah tersebut.

Tak ingin apa yang dilakukan peserta pemilu itu menimbulkan kejadian yang tidak diinginkan, seperti kerusakan aliran atau hal-hal lain, PLN UP3 Payakumbuh mendatangi Kantor KPU dan Bawaslu Payakumbuh.

"Untuk PLN UP3 Payakumbuh ini wilayah kita ada tiga kabupaten dan kota, yaitu Kabupaten Limapuluh Kota, Kota Payakumbuh, dan Kabupaten Tanah Datar. Di tiga daerah tersebut kami menemukan ada baliho dari partai atau caleg yang jaraknya terlalu dekat dengan tiang listrik ataupun kabel listri. Jadi kami akan memberikan surat kepada KPU dan Bawaslu di tiga daerah tersebut," kata Pejabat Pelaksana K2/K3 PLN UP3 Payakumbuh, Rudi Junaidi kepada KLIKPOSITIF saat menyerahkan surat pemberitahuan kepada KPU Kota Payakumbuh, Rabu 31 Oktober 2018.

Diterangkannya, dalam surat yang diserahkan tersebut juga dijelaskan bahwa jarak aman untuk bisa memasang spanduk dan baliho dari tiang ataupun kabel listrik adalah 2.5 meter.

Dia berharap, dengan adanya surat sosialisasi tersebut, KPU ataupun Bawaslu bisa mengingatkan partai ataupun caleg supaya tetap bisa memandang aspek keamanan kelistrikan ketika memasang spanduk ataupun baliho.

"Tentunya keselamatan tetap harus diutamakan. Dan sudah menjadi tugas kami untuk memastikan kenyamanan pengguna PLN tetap terjaga dan tida terngganggu oleh suatu apapun," pungkasnya.

[Taufik Hidayat Kampai]