Disnakertrans Sumbar Imbau Tiap Nagari Kirim Perwakikan Ikuti Program Magang ke Jepang

"Kami mengimbau pada tiap Wali Nagari untuk dapat mengirimkan setidaknya satu orang perwakilan dari tiap nagari agar mengikuti program Disnakertrans Sumbar yakni program Magang ke Jepang"
Kepala Disnakertrans Sumbar, Nasrizal (Net)

PADANG, KLIKPOSITIF - Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Sumatera Barat (Sumbar), Nasrizal meminta kepada tiap Nagari di daerah untuk mengirim setidaknya satu perwakilan dari tiap nagari guna mengikuti program magang ke Jepang.

"Kami mengimbau pada tiap Wali Nagari untuk dapat mengirimkan setidaknya satu orang perwakilan dari tiap nagari agar mengikuti program Disnakertrans Sumbar yakni program Magang ke Jepang. Mana tau perwakilan tersebut lulus seleksi dan tes sehingga dapat mewakili nagarinya untuk bisa pergi kerja," kata Nasrizal.

Ia menjelaskan, tujuan diadakannya program ini merupakan salah satu langkah Pemprov Sumbar dalam mengurangi jumlah pengangguran. Sumbar merupakan salah satu daerah yang memiliki angka pengangguran yang tinggi.

Jadi jika ada program ini, lanjutnya, maka angka pengangguran dapat dikurangi karena peserta yang mengikuti program ini akan mendapatkan pelatihan di Jepang dan sewaktu pulang bisa mendapat modal untuk membuka usaha di kampungnya.

"Sekarang ini, pemuda minang itu tidak tren lagi merantau ke Jawa, tapi merantau-lah ke Jepang. Dari sana nanti kita akan mendapatkan budaya dari orang Jepang seperti diseiplin dan kerja keras yang tentunya dapat kita tiru yang baik-baik tersebut," ujarnya.(*)