Program Magang ke Jepang untuk Mengurangi Angka Pengangguran di Sumbar

"Ini merupakan salah satu strategi Pemprov Sumbar dalam rangka mengurangi jumlah pengangguran yang ada"
Kepala Disnakertrans Sumbar, Nasrizal (Net)

PADANG, KLIKPOSITIF - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Sumatera Barat (Sumbar) mengadakan program magang ke Jepang bekerjasama dengan lembaga swata yang ditunjuk oleh Pemerintah Jepang. Program itu didukung oleh Pemprov Sumbar dalam rangka mengurangi angka pengangguran yang ada di Sumbar.

"Ini merupakan salah satu strategi Pemprov Sumbar dalam rangka mengurangi jumlah pengangguran yang ada," kata Kepala Disnakertrans Sumbar, Nasrizal.

Ia menjelaskan, peserta yang nantinya mengikuti program magang ke Jepang nantinya akan diberikan pelatihan sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya. Nantinya, lanjut Nasrizal, mereka akan diberi kesempatan untuk kerja sampingan disana sehingga memiliki penghasilan dari itu.

"Nantinya uang penghasilan mereka tersebut dapat dikumpulkannya dan saat pulang ke kampung halaman dapat membuka usaha dari uang tersebut," kata Nasrizal.

Tentunya hal ini, lanjut Nasrizal, diharapkan dapat mengurangi tenaga kerja di Sumbar. Selain itu, peserta yang mengkuti program magang ke Jepang dapat mempelajari banyak hal dari budaya Jepang.

"Contonya saja budaya kedisiplinan dan kerja keras yang dimiliki oleh orang Jepang. Tentunya hal itu bagus untuk dicontoh. Jadi sekarang magang itu bukan ke Jawa lagi, tapi ke Jepang," tutur Nasrizal. (*)